Tips Merawat Janda Bolong 2 Warna

Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah karena sulit dikembangbiakkan.
Monstera Variegata. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Monstera atau janda bolong menjadi favorit para kolektor tanaman hias yang menjadi favorit karena keunikan daunnya.

Dikutip dari Gardening Tips, salah satu jenis yang terkenal adalah monstera variegata atau janda bolong 2 warna, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah karena sulit dikembangbiakkan.

Ciri khas monstera variegata adalah daunnya yang berwarna hijau dan putih, yang membuatnya dengan janda bolong pada umumnya yaitu bagian putih pada daun monstera variegata membuat tanaman hias ini perlu bekerja dua kali lebih keras untuk fotosintesis.

Dengan perawatan yang tepat, salah satunya dengan meletakkannya ditempat yang banyak mendapatkan cahaya matahari, Monstera variegate bisa tumbuh subur saat muda dengan daunnya besar dan tebal. Saat sudah dewasa, daunnya berwarna hijau tua dan putih mengkilap, panjangnya bisa mencapai 2 hingga 3 kaki, dengan ciri khas daun yang berlubang lonjong.

Tanpa cahaya yang terang, daun janda bolong dua warna akan tumbuh lebih jarang dan lambat. Sedangkan, apabila ditempatkan dalam kondisi cahaya redup, daunnya akan tumbuh lebih kecil sehingga menjadi tidak terlalu cantik.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman monstera variegata atau janda bolong 2 warna agar tumbuh dengan sempurna.


1. Lakukan penyiraman dengan benar

Siram saat tanahnya mulai terasa kering jika disentuh, kurangi penyiraman di musim dingin. Tanah di pot harus tetap lembab tetapi tidak tergenang air.


2. Perhatikan warna dan pertumbuhan daun

Jika daun janda bolong 2 warna menguning atau warna daun bertepi kecoklatan, berarti terlalu banyak air ditanahnya karena penyiraman yang berlebihan. Sebaliknya, jika tepi daunnya berwarna cokelat dan rapuh, berarti tidak mendapatkan kelembapan yang cukup


3. Daun harus tetap bersih

Rawat daun janda bolong 2 warna terutama yang tertua di tanaman, bersihkan dengan kain lembut dan lembab atau di lap dengan air hangat untuk menghilangkan penumpukan debu.


4. Lakukan repotting

Karena janda bolong 2 warna bagus ditanam dalam pot, ada baiknya Anda melakukan pengepotan ulang (repotting) yang bisa dilakukan setiap tahun sesuai kebutuhan. Segarkan tanahnya untuk memberikan kehidupan yang baru.


5. Sebarkan bibit baru

Janda bolong 2 warna akan kehilangan daun bagian bawahnya karena pertumbuhan, sehingga batang yang paling bawah terlihat kosong. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan daun di bagian yang kosong tersebut. Tapi, ini bisa diakali dengan menyebarkan bibit baru di sekitar janda bolong dua warna. Saat daun baru tumbuh, tanaman hias ini tampak dipenuhi daun kembali, menutupi batang bawah yang kosong. []


Baca Juga :

Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi

Ciri-ciri Janda Bolong, Tanaman Hias Dijual Ratusan Juta







Berita terkait
7 Tanaman Hias Indoor Pembunuh Virus dan Bakteri
Tanaman hias indoor juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.
5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Toilet
Tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di toilet karena tempat ini memiliki suhu yang berubah-ubah
Tips Merawat Tanaman Hias Alocasia di Rumah
Alocasia tergolong beracun sehingga harus ditempatkan di area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
0
Tips Merawat Janda Bolong 2 Warna
Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah karena sulit dikembangbiakkan.