5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi

Sebagian orang banyak melakukan hobi untuk mengkoleksi sejumlah tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. Berikut tanaman hias berdaun hitam.
Ilustrasi - Tanaman hias berdaun hitam. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat segala aktivitas dilakukan di rumah, sebagian orang banyak melakukan hobi untuk mengkoleksi sejumlah tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. 

Mendekorasi rumah dengan tanaman hias mungkin sudah sangat wajar dilakukan. Hanya saja, Anda bisa menciptakan sesuatu yang unik di rumah dengan memberikan dekorasi tanaman hias berdaun hitam.

Ada berbagai jenis tanaman berdaun hitam yang bisa dipilih, sehingga membuat situasi rumah menjadi unik dan berbeda. Beberapa rekomendasi tanaman berdaun hitam yang indah untuk dipelihara di rumah.


1. Alocasia Polly

Alocasia Polly termasuk tanaman yang memiliki bentuk daun meruncing dengan warna eksotis. Warna yang mendominasi tanaman ini yakni hijau gelap kombinasi bintik putih.

Tanamanan yang bisa diletakkan dalam ruangan maupun luar ruangan ini masih serumpun dengan tanaman Sri Rejeki, Anthurium dan Kuping Gajah.

Alocasia Polly pun telah diteliti oleh NASA sebagai tanaman yang mampu menghilangkan racun udara. Racun yang dihilangkan cukup beragam seperti benzene, toluene, xylene, trichloroethlene, ammonia dan formaldehyde.

Sebagai tanaman hias, Alocasia Polly dapat tumbuh subur hingga 8-10 kaki khususnya di tempat bercahaya medium dan tanah yang terhidrasi dengan cukup.


2. Black Magic

Black Magic atau bernama ilmiah Colocasia esculenta dikenal sebagai tanaman Kuping Gajah. Tanaman hias ini berasal dari area tropis dan tergolong tanaman yang mengandung racun.

Black Magic bisa tumbuh subur dengan baik di tempat yang bersuhu hangat dengan cahaya cukup. Jika daun dari tanaman Black Magic tiba-tiba mengelupas, cobalah untuk tetap memberikan perawatan yang baik termasuk air secukupnya. Perlahan-lahan, daun dari tanaman Black Magic akan kembali tumbuh dengan baik dan indah.

Tanaman berdaun hitam yang berbentuk hati ini sangat indah sebagai dekorasi ke rumah. Ketika ingin membeli tanaman Black Magic perlu mengetahui bahwa jenis ini dapat tumbuh subur saat musim dingin maupun kering.


3. Black Mondo Grass

Black Mondo Grass termasuk jenis tanaman hias dengan warna yang unik yakni hitam. Black Mondo Grass merupakan tanaman berbentuk panjang yang tumbuh bergerombol dengan daunnya yang berwarna hitam.

Sebagai tanaman hias, Black Mondo Grass mampu memberikan keindahan rumah menjadi lebih dramatis dan cantik saat dipandang.

Anda haru untuk menaruh Black Mondo Grass di tempat yang tepat. Pastikan untuk memperoleh sinar matahari yang cukup agar pertumbuhannya tetap optimal.

Jika ingin menaruh Black Mondo Grass di dalam pot, sebaiknya beli yang memang berukuran 20-30 cm. Ukuran ini dirasa cocok agar tanaman hias jenis ini semakin indah. Usahakan untuk memerhatikan kondisi tanahnya yang humus atau kompos, termasuk intensitas penyiramannya yakni dua kali sehari.


4. Philodendron Black Cardinal

Philodendron 'Black Cardinal' termasuk jenis tanaman hias lain yang memiliki daun kehitaman. Jika Black Cardinal tumbuh dengan baik, maka daunnya yang berwarna hijau kehitaman dengan efek glossy akan tumbuh begitu indah.

Tanaman hias ini bisa tumbuh hingga tinggi 50 cm pada iklim subtropis dengan temperatur hangat. Tanah yang dibutuhkan yakni campuran tanah humus yang cukup air, sehingga dapat tumbuh secara optimal. 

Dalam perawatannya, Black Cardinal juga membutuhkan cahaya yang cukup dan akan tumbuh lebih baik ketika diletakkan dalam ruangan. Perlu diingat bahwa tanaman hias ini membutuhkan cahaya pada kisaran waktu pagi menuju matahari siang.


5. Echeveria Black Prince Succulent

Jika sedang mencari jenis tanaman berdaun hitam yang mampu mempercantik ruangan, maka Echeveria atau Sukulen Hitam bisa menjadi pilihan tersendiri.

Echeveria memiliki warna yang indah yakni hijau gelap hingga cokelat, lalu dapat tumbuh dengan baik pada suhu dalam ruangan. Echeveria dapat tumbuh dengan tinggi hingga 15 cm dan lebar 21 cm.

Tanaman hias ini juga tidak membutuhkan air terlalu banyak. Ini perlu diperhatikan agar pertumbuhannya tetap optimal dan bisa menjadi dekorasi rumah yang indah.

Perlu diketahui bahwa semakin terpenuhi cahaya yang masuk, maka Echeveria akan menghasilkan warna hitam yang menawan dengan perpaduan warna ungu.

Nah, itulah rekomendasi tanaman yang bisa Anda pelihara untuk menambah keunikan di rumah hunian Anda. []

Berita terkait
Manfaat Menyiram Tanaman dengan Air Gula
Menyiram tamanan dengan gula solusi agar tanaman tidak layu sebab gula bisa menjadi nutrisi pilihan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.
2 Miliar Tanaman Terjual di Australia di Masa Pandemi
Warga Australia beli tanaman lebih banyak dari biasanya dengan total nilai belanja capai lebih Rp 2,6 triliun untuk lebih dari 2 miliar tanaman
Penjual Tanaman Hias Depok Belum Dapat Bantuan dari Kementerian Koperasi
Penjual tanaman hias di Bojongsari Baru, Kota Depok mengatakan belum menerima bantuan dari Kementerian Koperasi.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.