5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

Faktanya cuka apel bisa digunakan untuk merawat tanaman hias mulai dari menyingkirkan hama hingga membersihkan pot berkarat. Berikut ulasannya.
Ilustrasi - Menyiram tanaman hias dengan cuka apel. (Foto: Tagar/Istock)

Jakarta - Kebanyakan orang mengetahui bahwa cuka apel hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dapur atau perawatan kecantikan saja. Padahal faktanya, cuka apel juga memberikan manfaat lain untuk tanaman hias.

Berdasarkan laman Balcony Garden Web, cuka apel mengandung 5 % konsentrasi asam yang baik untuk menyuburkan tanaman. Kandungan ini konon sangat bermanfaat bagi tanaman-tanaman yang menyukai kadar asam, seperti azalea, gardenia, hingga rhododendron


1. Menyingkirkan hama

Cuka apel efektif melawan hama seperti siput yang menempel di tanaman. Jika Anda menyemprotkan larutan cuka apel pada hama tersebut, dijamin akan langsung musnah.

Selain efektif menyingkirkan siput, rupanya cuka apel juga bisa digunakan untuk membasmi semut. Caranya, campurkan 1 cangkir cuka apel dengan 1 galon air. Campur hingga merata, setelah itu semprotkan larutan tersebut di area yang kerap disinggahi semut. Konon, larutan ini bisa mengusir semut secara instan.


2. Mengubah pH tanah

Cuka apel juga bermanfaat mengubah pH tanah menjadi lebih asam. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk tanaman-tanaman yang menyukai kadar asam, seperti azalea, camellia, hingga gardenia.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan satu setengah hingga 1 cangkir cuka apel dengan 1 galon air. Setelah itu, tuang ke dalam wadah atau botol semprotan tanaman. Jika sudah, siram tanaman dengan larutan tersebut.


3. Membersihkan daun tanaman

Salah satu cara untuk membersihkan daun tanaman adalah dengan menggunakan larutan cuka apel. Caranya, campur 1 sdt cuka apel dengan 1 galon air. Setelah tercampur, celupkan kain ke dalam larutan ini dan oleskan secara lembut pada area daun


4. Membersihkan pot tanah liat

Anda juga bisa membersihkan pot tanah liat menggunakan cuka apel. Caranya, gosok semua kotoran yang menempel pada pot setelah itu rendam dalam larutan cuka apel, dengan komposisi 4 gelas air, 1 cangkir cuka apel, dan 1 sdt cairan pencuci piring. 

Rendam pot dalam larutan tersebut minimal satu jam. Setelah itu, keluarkan pot dan gosok secara perlahan dengan kain lembap. Jika prosesnya sudah selesai, jangan lupa bilas dengan air biasa dan tunggu hingga kering maka pot pun akan bersih seperti baru.


5. Membersihkan alat yang berkarat

Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk membersihkan alat kebun yang sudah berkarat. Caranya, semprotkan cuka apel secara langsung ke area peralatan yang berkarat dan bersihkan dengan kain bersih. Selain cara tadi, Anda juga bisa mencelupkan peralatan berkebun ke dalam cangkir atau ember berisi cuka apel selama satu hari.

Nah, itulah manfaat cuka apel yang bisa Anda gunakan dalam perawatan tanaman yang Anda sayangi. []

Berita terkait
Selain Lavender, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk
Selain lavender, berikut ini 10 tanaman dengan bunga cantik dan kemampuan hebat yang bisa difungsikan sebagai pengusir nyamuk.
2 Miliar Tanaman Terjual di Australia di Masa Pandemi
Warga Australia beli tanaman lebih banyak dari biasanya dengan total nilai belanja capai lebih Rp 2,6 triliun untuk lebih dari 2 miliar tanaman
Penjual Tanaman Hias Depok Belum Dapat Bantuan dari Kementerian Koperasi
Penjual tanaman hias di Bojongsari Baru, Kota Depok mengatakan belum menerima bantuan dari Kementerian Koperasi.
0
5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias
Faktanya cuka apel bisa digunakan untuk merawat tanaman hias mulai dari menyingkirkan hama hingga membersihkan pot berkarat. Berikut ulasannya.