Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Selain menurunkan stres, tanaman hias yang dipelihara dengan baik dapat menjernihkan lingkungan udara.
Tanaman indoor. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Selain menurunkan stres, tanaman hias yang dipelihara dengan baik dapat menjernihkan lingkungan udara. Kesehatan tubuh pun akan meningkat karena kualitas udara di sekitar rumah sangat baik.

Stres dan cemas akibat pandemi yang masih terus berlangsung dapat diredakan dengan cara merawat tanaman hias, baik outdoor, indoor, gantung, di pot, di rumah, maupun di tempat lainnya.

Untuk kamu yang sedang hobi dengan tanaman-tanaman cantik ini, berikut tips dan cara merawat tanaman hias seperti daun, aglonema, kuping gajah, calathea, bambu jepang, dan keladi agar tumbuh subur dan tetap cantik.


1. Kenali Karakteristik Tanaman Hias yang Kamu Punya

Agar tanaman hias indoor yang kamu miliki tidak cepat layu, kamu perlu mengenali terlebih dahulu karakteristik dari tanaman hias tersebut. Tidak semua tanaman hias memiliki sifat dan karakteristik yang sama.

Masing-masing jenis tanaman memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda-beda. Untuk itulah kamu perlu tahu jenis tanaman, varietas, suhu yang tepat, kelembaban, air, cahaya, serta metode perawatan terbaiknya.

Jangan sampai salah dalam mengenali ciri khas tanaman hias karena akan sangat berpengaruh terhadap cara perawatannya. Carilah informasinya melalui pakar, teman, atau situs online yang menyediakan tata cara, tips dan panduan merawat tanaman hias di dalam ruangan.


2. Cara Merawat Tanaman Hias dengan Mencukupi Kebutuhan Air

Cara merawat tanaman hias selanjutnya dilakukan dengan mencukupi kebutuhan air. Perlu kamu ketahui bahwa tumbuh kembang tanaman hias sangat tergantung pada persediaan air. Tanaman hias perlu disiram dalam frekuensi yang sering atau tidak tergantung dari karakteristik dan jenisnya.

Namun pastikan kebutuhan airnya selalu tercukupi agar tanaman bisa tumbuh dengan paripurna. Untuk mendapatkan kualitas tanaman yang baik, siramlah tanaman dengan menggunakan air hangat kuku. Tanaman hias umumnya tidak cocok disiram dengan menggunakan air keran yang dingin.


3. Pastikan Tanaman Hias Mendapat Cahaya yang Cukup

Selain air, cahaya juga menjadi faktor penting dalam perawatan tanaman hias. Tanaman hias indoor tetap memerlukan pencahayaan alami yang baik agar dapat tumbuh subur. Cahaya matahari diperlukan untuk keperluan proses fotosintesis.

Intensitas cahaya serta durasi pencahayaan yang diperlukan juga tergantung dari masing-masing karakteristik tanaman. Satu hal yang perlu kamu tahu, tanaman hias indoor perlu dijauhkan dari paparan cahaya matahari secara langsung karena dapat membahayakan pertumbuhannya.


4. Gunakan Tanah yang Tepat Sebagai Cara Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias di dalam ruangan selanjutnya dilakukan dengan menggunakan media tanah yang tepat. 

Tanaman hias tidak dapat tumbuh melalui media tanah biasa, pasalnya karakteristiknya berbeda dengan tanaman pada umumnya. 

Jika kamu memilih tanah yang biasa untuk tanaman hias, maka tanaman bisa rusak atau mati. 

Umumnya tanaman hias dapat tumbuh melalui media tanah regosol, humus, atau gambut. Cari tahu tanah yang tepat untuk jenis tanaman hias yang kamu punya agar dapat tumbuh dengan baik.


5. Berikan Pupuk Pada Tanaman Sesuai Kebutuhan

Meskipun berada di dalam ruangan dengan media tanah yang tidak biasa, tanaman hias perlu diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan. 

Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman hias memerlukan nutrisi atau makanan untuk tumbuh. Dalam hal ini, tanaman memerlukan pupuk, baik organik maupun non organik, supaya pertumbuhannya baik.


6. Hindari Terlalu Sering Memindahkan Tanaman

Tanaman akan beradaptasi sesuai dengan lingkungannya ketika tumbuh. Jika sudah menemukan tempat yang tepat, hindari memindahkan tanaman ke tempat lain terlalu sering. pasalnya, memindahkan tanaman hias justru akan mengganggu pertumbuhan tanaman.


7. Cara Merawat Tanaman Hias dengan Memangkasnya Secara Berkala

Cara merawat tanaman hias selanjutnya dapat dilakukan dengan rajin memangkas tanaman secara berkala. Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang perlu dipangkas tangkai dan daunnya secara teratur. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi pada tanaman. Oleh karena itu, pastikan kamu tahu kapan saat yang tepat untuk memangkas tanaman hias sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya. []

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

Berita terkait
5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi
Sebagian orang banyak melakukan hobi untuk mengkoleksi sejumlah tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. Berikut tanaman hias berdaun hitam.
Manfaat Menyiram Tanaman dengan Air Gula
Menyiram tamanan dengan gula solusi agar tanaman tidak layu sebab gula bisa menjadi nutrisi pilihan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.
Selain Lavender, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk
Selain lavender, berikut ini 10 tanaman dengan bunga cantik dan kemampuan hebat yang bisa difungsikan sebagai pengusir nyamuk.
0
Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan
Selain menurunkan stres, tanaman hias yang dipelihara dengan baik dapat menjernihkan lingkungan udara.