7 Tanaman Hias Indoor Pembunuh Virus dan Bakteri

Tanaman hias indoor juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Fabelio)

Jakarta - Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun membuat orang jenuh karena lebih banyak di rumah. Salah satu cara untuk mengusir kejenuhan adalah memelihara tanaman hias untuk mempercantik rumah Anda.

Ternyata, fungsi tanaman hias Indoor tak sekedar untuk mempercantik ruangan tapi juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.

Untuk menjaga kesehatan dan sirkulasi udara yang baik dalam rumah selama pandemi, pilihlah tanaman hias indoor yang bisa menjaga kualitas oksigen di ruangan.

Berdasarkan eksperimen NASA dari tahun 1989, tanaman hias indoor bisa membantu menghilangkan polusi udara dalam ruangan, baik melalui daun maupun akar atau tanahnya.

Mengutip dari Metro Style, berikut deretan tanaman hias indoor yang bisa membunuh virus dan bakteri di udara dalam rumah.


1. Spider Plant

Dikenal sebagai air plants, Tanaman hias indoor yang satu ini akan terlihat cantik ketika di letakkan dalam pot gantung, terutama di ruang kerja. Terkadang, spider plant menghasilkan bunga putih yang indah.

Tanaman hias indoor ini perlu disiram dua hingga tiga kali seminggu. Spider plant tidak mudah mati meski lupa menyiramnya.

Spider plant juga ramah untuk anak-anak dan hewan peliharaan sehingga cocok sebagai tanaman hias indoor.


2. Snake Plant

Menjadi salah satu tanaman hias indoor terbaik, snake plant dipercaya efektif menghilangkan polusi udara, menyerap CO2 pada malam hari, serta bisa melawan alergi. Selain itu, snake plant mudah perawatannya dan memiliki bentuk yang menarik.


3. Boston Fern

Tanaman hias indoor ini juga bisa membantu mengusir virus dan bakteri dalam rumah yakni boston fern.

Pakis boston ini dianggap sebagai salah satu air-purifying terbaik karena tak hanya membantu membersihkan rumah dari virus tapi juga mampu meningkatkan kelembapan udara secara alami.


4. Bamboo Palm

Bamboo Palm juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah adalah bamboo palm. Tanaman hias ini akan meningkatkan kelembapan yang dibutuhkan ke atmosfer dalam ruangan. Selain itu, tanaman hias bamboo palm juga menempati peringkat teratas yang diklaim bisa menghilangkan benzena, trikloroetilen, dan formaldehida sehingga kualitas udara dalam rumah semakin baik.


5. Lily

Bunga Lily tidak hanya indah dan berfungsi mempercantik ruang tapi juga memiliki kemampuan mengusir virus serta bakteri. Lily mampu melawan gas beracun seperti formaldehida.

Tapi, Anda perlu sedikit berhati-hati jika punya anak balita dan hewan peliharaan karena Lily sedikit. Karena itulah, Anda harus selalu cuci tangan setelah menyentuhnya.


6. Rubber Plant

Dikenal sebagai tanaman hias indoor yang tangguh, Rubber plant mampu hidup dalam cahaya redup dan suhu dingin sehingga bagus untuk di letakkan dalam ruangan.

Tanaman hias indoor ini mudah tumbuh dan dipercaya bisa membantu menghilangkan racun kimia dari udara, terutama formaldehida. Rubber Plant bisa diletakkan di ruang tamu, keluarga, atau ruang kerja.


7. Pothos

Photos mendapatkan nilai tinggi dalam studi udara bersih dari NASA, karena tanaman hias indoor tersebut bisa membantu membersihkan udara dari formaldehida, toluena, karbon monoksida, dan xilena. Pothos juga bisa tumbuh merambat dan mentolerir cahaya redup meskipun akan kembali membuat daunnya menjadi hijau pekat. []


Baca Juga :

Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi

Ridwan Kamil Luncurkan Program Petani Milenial Tanaman Hias





















Berita terkait
Jenis Tanaman Hias yang Paling Dicari di Mamasa Sulbar
Ini nama tanaman hias yang paling di incar masyarakat di Mamasa Sulawesi Barat.
Infografis: Janda Bolong dan Sederet Tanaman Hias Harga Jutaan
Merawat tanaman hias tingkatkan imunitas di tengah pandemi. Berikut ini janda bolong dan sederet tanaman hias favorit yang harganya sampai jutaan.
Akibat Pandemi, Taman Umi Depok Banting Setir Jualan Tanaman Hias
Berikut cerita Taman Umi, penjual tanaman proyek yang banting setir jualan tanaman hias saat pandemi.
0
7 Tanaman Hias Indoor Pembunuh Virus dan Bakteri
Tanaman hias indoor juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.