5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Toilet

Tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di toilet karena tempat ini memiliki suhu yang berubah-ubah
Tanaman hias lidah mertua. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Tanaman hias banyak dicari untuk dijadikan koleksi untuk mempercantik hunian. Selain ditanam di halaman rumah ada beberapa jenis tanaman hias tertentu cocok diletakkan di ruangan dalam rumah, salah satunya di toilet atau kamar mandi.

Tetapi, tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di kamar mandi karena tempat ini memiliki suhu yang berubah-ubah, kelembapan yang konstan, dan paparan sinar matahari yang sangat terbatas.

Dikutip dari Flower Power, inilah 5 jenis tanaman hias yang cocok untuk mempercantik toilet.


1. Bird's nest fern

Tanaman hias ini cocok untuk ditempatkan di dekat wastafel kamar mandi karena bisa ditanam di pot kecil.

Bird's nest fern atau pakis sarang (Asplenium nidus) memiliki daun keriput yang mengkilap dan sangat cantik. Perlu dicatat, kerutan pada dedaunannya ditentukan oleh jumlah cahaya yang didapat oleh tanaman.

Apabila kamar mandi terpapar banyak paparan cahaya matahari, daun Bird's nest fern akan terlihat lebih keriput. Sebaliknya, apabila terpapar lebih sedikit cahaya mata hari maka tekstur daunnya akan lebih rata.


2. Anggrek bulan

Mempunyai tampilan yang menawan, Anggrek bulan sering dijadikan tanaman hias indoor. Tanaman hias ini juga memiliki berbagai warna cantik, seperti putih, ungu atau merah muda. Tampilan kamar mandi akan terlihat mewah dengan kehadiran bunga cantik ini.

Anggrek bulan mampu hidup dalam kelembapan yang sedang. Tanaman hias ini juga mampu bertahan hidup cukup lama jika perawatannya tepat.


3. Calathea freddie

Tanaman hias ini juga cocok untuk ditempatkan di kamar mandi karena banyak tanaman calathea yang tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan membutuhkan intensitas cahaya rendah.

Calathea freddie bisa ditempatkan di dalam pot dengan media tanam tanah yang gembur, bahkan tanaman hias ini lebih mampu bertahan hidup dan tumbuh subur dalam cahaya redup dibandingkan varietas lainnya.

Meski Calathea freddie menyukai tanah yang lembab, bukan berarti harus sering - sering disiram, cukup siram secukupnya, jangan lakukan penyiraman yang berlebihan.


4. Lidah mertua

Lidah mertua atau mother-in-law's tongue juga bisa mempercantik kamar mandi. Ciri khas tanaman hias ini adalah daunnya yang memanjang ke atas yang khas, lidah mertua diketahui mampu bertahan hidup di ruangan lembap dan membutuhkan sedikit air.

Kelebihan lainnya adalah, lidah mertua juga baik untuk menyaring udara kotor termasuk paparan formaldehida yang banyak ditemukan dalam produk pembersih.


5. Lidah buaya

Lidah buaya cocok untuk ditempatkan di dalam kamar mandi yang memiliki jendela karena tanaman hias ini membutuhkan paparan cahaya matahari.

Tapi pada umumnya, lidah buaya tidak membutuhkan siraman air yang banyak karena bisa bertahan hidup dari kelembapan tinggi kamar mandi.

Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, diantaranya untuk menyembuhkan luka bakar ringan dan untuk mendinginkan kulit. []


Baca Juga :

Cara Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan

5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi

Ridwan Kamil Luncurkan Program Petani Milenial Tanaman Hias




Berita terkait
7 Tanaman Hias Indoor Pembunuh Virus dan Bakteri
Tanaman hias indoor juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.
Cara Merawat Tanaman Pisang Kipas Agar Tumbuh Subur
Salah satu jenis tamanan yang menjadi incaran penyuka tamanan adalah pisang kipas yang merupakan tanaman yang mudah dirawat. Berikut caranya.
Ajakan Menanam Tanaman Herbal dari Wagub Sumatera Utara
Menurut Ijeck, tanaman herbal merupakan pemberian Tuhan yang luar biasa. Sejak dahulu tanaman herbal sudah digunakan untuk kesehatan.
0
5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Toilet
Tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di toilet karena tempat ini memiliki suhu yang berubah-ubah