UNTUK INDONESIA
Tips Menggunakan AC yang Benar Selama Pandemi Corona
Selama pandemi Corona masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.
Ilustrasi AC. (Foto: Pixabay/mstlion)

Jakarta - Selama pandemi Corona atau Covid-19, masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC atau penyejuk ruangan dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. 

Berbagai penelitian menunjukkan AC bisa membuat virus dan bakteri betah di dalam ruangan. Akibatnya, berbagai penyakit bisa muncul, termasuk Covid-19. 

Dilansir dari Times of India dan Pink Valla, Indian Society of Heating Refrigerating and Air Conditioner Engineers memberikan panduan dan cara aman menggunakan AC di tengah pandemi virus Corona. Berikut Tagar rangkumkan ulasannya. 

1. Suhu AC

Sesuai dengan pedoman, suhu pendingin ruangan atau AC di rumah harus berada dalam kisaran 24 hingga 30 derajat Celcius dan dengan tingkat kelembaban antara 40 sampai 70 persen. Selain itu, diwajibkan juga memiliki ventilasi yang baik di kamar sebagai tempat pertukaran udara. 

2. Pasang Penyaring Udara

Biasanya, setiap pendingin ruangan selalu bersamaan dengan penyaring udara yang bertujuan untuk menahan partikel kecil seperti virus dan bakteri agar tidak menyebar selama AC digunakan.

Tetapi, penggunaan penyejuk ruangan juga harus diikuti dengan kebersihan dan pencucian berkala agar selalu efektif dalam menangkal mikroorganisme.

3. Hindari Penggunaan Sistem Pendingin Udara Sentral

Dari berbagai jenis AC, pendingin udara sentral tidak disarankan untuk digunakan karena menurut penelitian, peralatan yang berbentuk persegi dan menempel pada atap bangunan bisa meningkatkan risiko tertular penyakit akibat sirkulasinya. Sehingga, Anda dianjurkan menggunakan penyejuk ruangan yang biasa berdiri di lantai lantaran lebih baik dan aman. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Merawat Hewan Agar Tidak Terinfeksi Covid-19
Ada beberapa pesan Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana agar hewan terhindar dari virus corona Covid-19.
Tips Menjaga Imun Saat Puasa di Tengah Pandemi Corona
Menjaga imun tubuh selama puasa di tengah pandemi Corona sangat penting supaya tidak mudah diserang berbagai penyakit.
Tips Menyimpan Daging Agar Awet Saat Pandemi Corona
Pandemi Corona sekarang ini, masyarakat harus memperhatikan penyimpanan bahan makanan, termasuk stok daging agar tetap awet.
0
Tips Menggunakan AC yang Benar Selama Pandemi Corona
Selama pandemi Corona masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.