UNTUK INDONESIA
Tips Ampuh Menjaga Kesegaran Kulit Selama Berpuasa
Selama berpuasa, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan ini juga mempengaruhi kesegaran kulit. Berikut tips menjaga kesegaran kulit selama puasa.
Ilustrasi Kulit Segar. (Foto: vaunte.com)

Jakarta - Selama berpuasa, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Sehingga keadaan ini tak hanya mempengaruhi kebugaran tubuh saja, tetapi kulit juga akan tampak tak segar atau bercahaya. 

Mengatasi hal tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi delapan gelas air putih dalam satu hari dan jus saat berbuka puasa dan sahur. Cara ini bisa membantu kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.

Dilansir dari laman Khaleej Times, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara agar kulit tetap segar dan kenyal selama Ramadan menurut dokter sekaligus ahli kecantikan dari Dermalase Clinic di Dubai, Fiona Cowie.

1. Jauhi Lemak Jenuh

Beberapa makanan yang dimakan bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Jadi cobalah untuk menghindari lemak jenuh, karbohidrat, dan makanan olahan. Sebab, makanan tersebut bisa menimbulkan jerawat, eksim, psoriasis, kulit terlihat kusam, dan pucat.

Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral saat buka puasa dan sahur agar mendapatkan kulit yang bercahaya dan sempurna.

Selain itu, diet Anda harus mengandung banyak buah-buahan, ikan, dan sayuran yang penuh dengan vitamin A, B, dan C, serta mineral agar kulit dapat terlihat bercahaya dan berseri. 

2. Hindari Minuman Berkarbonasi

Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi dan manis seperti soda dan kafein. Sebab, minuman tersebut bisa mengeringkan kulit.

3. Gunakan Pelembap

Kulit tidak hanya mengalami dehidrasi karena puasa, namun paparan AC yang konstan juga akan mempengaruhinya. Sehingga, nantinya kulit dan bibir akan menjadi kering.

Jangan lupa untuk mengoleskan banyak pelembap ke wajah dan tubuh di pagi dan sore hari. Namun, pelembap tersebut harus bebas dari bahan kimia dan paraben untuk menghindari iritasi.

Gunakanlah pelembap setelah mandi untuk penyerapan terbaik ke dalam kulit. Selain kulit, bibir juga harus dilembapkan beberapa kali sehari, pilihlah yang mengandung vitamin E atau salep bibir guna menghindari efek retak.

4. Coba Tidak Gunakan Makeup

Umumnya rutinitas perawatan kulit harian Anda harus dimulai dengan pembersihan dan pengencangan, pengelupasan kulit, kemudian serum vitamin dan pelembap siang dan malam hari. Anda bisa menggunakan pembersih ringan untuk menghilangkan makeup dan hindari gunakan tisu makeup atau produk yang kasar.

5. Perhatikan Sabun

Disarankan hindari pemakaian sabun batangan untuk menjaga kelembapan kulit. Sebaiknya, Anda memilih sabun cair karena efeknya tidak menyebabkan kulit kering. 

Cobalah membersihkan dengan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) dan antioksidan serum vitamin C agar bercahaya sekaligus meremajakan kulit.

6. Istirahat Cukup

Lingkaran hitam dan mata bengkak merupakan keluhan umum selama bulan Ramadan. Mengatasi persoalan ini, Anda bisa mencoba tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam untuk memberikan waktu tubuh meremajakan dan memperbaiki kulit.

Selain itu, disarankan pada siang hari gunakan krim mata ringan untuk menenangkan kulit yang dehidrasi di sekitar area mata. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Konsumsi Air Putih yang Benar Selama Puasa
Selama bulan Ramadan, seluruh umat Muslim harus memastikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh tercukupi selama berpuasa.
Tips Cegah Kelelahan Selama Bulan Puasa
Beberapa tips untuk mencegah tubuh lelah selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di antaranya melakukan tidur siang dan mengurangi makan pedas.
Tips Hindari Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan
Sering mencuci tangan bisa membuat kulit atau telapak tangan menjadi kering, berikut tips mencegah kondisi kulit tersebut.
0
Tips Ampuh Menjaga Kesegaran Kulit Selama Berpuasa
Selama berpuasa, tubuh berisiko mengalami dehidrasi dan ini juga mempengaruhi kesegaran kulit. Berikut tips menjaga kesegaran kulit selama puasa.