UNTUK INDONESIA
Tips Hindari Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan
Sering mencuci tangan bisa membuat kulit atau telapak tangan menjadi kering, berikut tips mencegah kondisi kulit tersebut.
Ilustrasi mencuci tangan. (Foto: smithsonianmag.com/Moyo Studio/ Getty Images)

Jakarta - Terlalu sering mencuci tangan bisa membuat kulit atau telapak tangan menjadi kering. Hal ini tentu tidak boleh diabaikan karena sangat berpengaruh terhadap penampilan. 

Dilansir dari Antara, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara menghindari kulit atau telapak tangan kering akibat sering mencuci tangan.

1. Cuci Menggunakan Air Hangat

Direktur Dermatologi Anak dan Dermatologi Rawat Inap Rumah Sakit Umum massachusetts Daniela Kroshinsky menganjurkan mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Namun, sebaiknya mencuci tangan dengan air hangat dan sabun.  

2. Menggunakan Pelembap

Disarankan sebisa mungkin langsung menggunakan pelembap, seperti salep atau krim setelah mencuci tangan. Hal ini karena keduanya mengandung air cukup banyak dibandingkan lotion.

3. Menggunakan Sarung Tangan

Setelah mencuci tangan, oleskan pelembap ke kulit. Kemudian, gunakan sarung tangan selama satu sampai dua jam untuk memastikan kelembapannya. 

Alat ini juga bisa digunakan untuk cuaca dingin serta berangin agar kulit tidak menjadi kering.

4. Menggunakan Balsem Kulit

Gunakanlah balsem kulit, seperti Vaseline jika menderita kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis. Hal ini untuk mengatasi kulit kering atau pecah-pecah karena sering mencuci tangan.

5. Menggunakan Pembersih Tangan sebagai Pengganti Sabun

Daniela Kroshinsky mengatakan cairan pembersih tangan bisa digunakan sebagai pengganti sabun untuk sementara waktu, jika kulit tangan pecah-pecah.

"Pembersih tangan adalah pilihan lain untuk membatasi cuci tangan sampai kulit pulih, tetapi tidak untuk sebelum makan, setelah dari toilet atau tangan terlihat kotor yang harus dibersihkan dengan cuci tangan," kata Daniela Kroshinsky.

6. Menggunakan Sabun Pelembap

Spesialis Kulit dan Pendiri London Premier Laser and Skin Clinics Lucy Xu menganjurkan mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung pelembap, karena sabun biasa bisa membuat kulit mengelupas, kering, dan pecah-pecah.

"Misalnya, sabun dengan konsistensi krim. Anda juga harus memperhatikan sabun dengan bahan-bahan, seperti gliserin dan lanolin. Cobalah juga untuk menghindari sabun batangan," ujar Lucy Xu.

Selain itu, mencuci tangan jangan terlalu terburu-buru dan agresif karena bisa menyebabkan lapisan kulit tangan menjadi rusak.

7. Keringkan Dengan Tisu

Mengeringkan tangan menggunakan tisu juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. Bila memilih menggunakan handuk, pastikan setiap orang harus memiliki handuk masing-masing dan menggantinya setiap tiga hari sekali.

Namun, pastikan juga tangan benar-benar kering. Hal ini karena kuman lebih mudah berpindah pada tangan yang basah. []

Baca juga:

Berita terkait
Hari Cuci Tangan Sedunia, Lifebuoy Ajak Budaya Sehat
Uniliver Indonesia melalui Lifebuoy mengajak anak-anak SD Negeri 01 Menteng, Jakarta Pusat untuk membudayakan cuci tangan bersih.
Tips Cegah Virus Corona Terhadap Manula
Manula atau orang tua sangat rentan terhadap virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di sejumlah negara.
Tips Asyik Manfaatkan Waktu Isolasi Corona di Rumah
Akibat virus Corona atau Covid-19 membuat banyak orang mulai berkegiatan di rumah dan mengisolasi diri.
0
Kisah Musawir, Wisuda Sambil Rawat Ibunya yang Sakit
Musawir Da’i mahasiwa jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar wisuda di samping ibundanya yang sedang sakit.