UNTUK INDONESIA
Tips Agar Kulit dan Rambut Tetap Sehat Selama Ramadan
Selama Ramadan, kulit dan rambut juga membutuhkan nutrisi agar selalu sehat dan berseri. Berikut tips menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Ilustrasi Kulit Sehat. (Foto: dermatologytimes.com/stock.adobe.com/edwardderule )

Jakarta - Selama berpuasa di bulan suci Ramadan, tubuh harus memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Namun selain tubuh, kulit dan rambut juga membutuhkan nutrisi agar kondisinya tetap sehat.

Masalah yang sering dialami ketika seseorang berpuasa, yaitu bibir pecah-pecah, kulit kering, dan rambut kusam. Dilansir dari laman Arabnews, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara menjaga kesehatan kulit dan rambut menurut pelatih nutrisi di Fit Squad DXB, Devinder Bains.

1. Asupan Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin C bisa merangsang produksi kolagen yang tak hanya memperkuat rambut, namun membantu pertumbuhannya.

Disarankan untuk menambahkan kiwi, jambu biji, paprika merah ke dalam menu makanan diet Anda. Ini dikarenakan buah tersebut lebih kaya akan vitamin C dibandingkan jeruk.

2. Hindari Gula

Menghindari gula selama waktu makan juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit. Gula bisa membuat kulit menjadi dehidrasi dan terlihat kering. 

"Asupan gula juga meningkat dan merusak protein, termasuk kolagen dan elastin, yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput," kata Bains.

3. Tingkatkan Lemak Baik

Makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 bisa menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap terhidrasi. Beragam makanan bisa ditambahkan ke dalam menu diet, seperti alpukat, kacang walnut, dan biji labu. Selain itu, lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan membran sel yang ada pada kulit. 

4. Gunakan Obat Alami Pada Kulit

Ingin mengatasi kulit kering namun tak punya waktu atau tak ingin keluar uang untuk mencari pelembab terbaik? Caranya, oleskan saja minyak biji bunga matahari atau minyak kelapa (hindari minyak zaitun) ke tubuh setelah mandi air hangat untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Jangan lupa menambahkan oatmeal ke air mandi untuk manfaat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

5. Tidur Nyenyak dan Cukup

Tubuh akan memperbaiki sistemnya sendiri saat tidur, dan hal ini juga berlaku untuk kulit dan rambut. Momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk kulit membuat kolagen baru yang mencegah keriput dan kendur.

Tidur yang cukup meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga warna kulit tampak sehat, dan tidur yang cukup mampu mengurangi lingkaran gelap atau bengkak di sekitar area mata

Sebaiknya, atur waktu tidur agar kesehatan kulit dan rambut tetap terjaga dan disarankan beristirahatlah selama 7 hingga 8 jam sehari. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Cegah Kelelahan Selama Bulan Puasa
Beberapa tips untuk mencegah tubuh lelah selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di antaranya melakukan tidur siang dan mengurangi makan pedas.
Tips Makan Sahur agar Kuat Tahan Lapar dan Haus
Sejumlah makanan sahur juga memiliki kasiat untuk "menjaga" mereka yang puasa tak merasa lapar dan haus. Silakan mencoba,
7 Tips Menjaga Tubuh Bugar Saat Lupa Sahur
Selama puasa, tentu tak sedikit orang pernah melewatkan sahur karena terlambat bangun pagi. Berikut tips menjaga tubuh bugar meski tidak sahur.
0
Tips Agar Kulit dan Rambut Tetap Sehat Selama Ramadan
Selama Ramadan, kulit dan rambut juga membutuhkan nutrisi agar selalu sehat dan berseri. Berikut tips menjaga kesehatan kulit dan rambut.