UNTUK INDONESIA
Tips Konsumsi Air Putih yang Benar Selama Puasa
Selama bulan Ramadan, seluruh umat Muslim harus memastikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh tercukupi selama berpuasa.
Ilustrasi minum air putih. (Foto: Pixabay.com/leopoldboettcher)

Jakarta - Selama bulan Ramadan, seluruh umat Muslim harus memastikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh tercukupi selama berpuasa seharian penuh. Hal ini harus diperhatikan agar badan tidak mudah lemas meski sedang menjalankan ibadah puasa. 

Ketika asupan air putih tidak terpenuhi selama berpuasa, tubuh pasti akan mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini harus menjadi perhatian karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

Kandungan air dalam tubuh manusia umumnya mencapai 60 hingga 70 persen, sehingga saat terjadinya pengurangan cairan pada tubuh, sel-sel dan saraf bisa terpengaruh karena kondisi tersebut.

Kekurangan asupan air bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan seperti sakit kepala, sembelit, kelelahan, hingga kulit kering. Bahkan, dehidrasi bisa terjadi lebih parah lagi dan memungkinkan mengalami komplikasi lebih serius, seperti gangguan ginjal dan kejang.

Menghindari dehidrasi selama puasa, tentu perlu mengatur cara minum air putih yang benar dan tepat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai tips mengonsumsi air putih yang benar selama puasa.

1. Dua Gelas Air Putih Saat Sahur

Saat sahur tiba, mengonsumsi dua gelas air putih menjadi hal yang perlu dilakukan. Ini menjadi penting untuk menjadi perhatian guna mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

Gelas pertama diminum saat sebelum hendak makan sahur dan segelas lainnya ketika sudah memasuki batas waktu makan dan minum. Dengan begitu bisa membuat tubuh lebih kuat untuk beraktivitas, memperlancar pencernaan, dan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, disarankan untuk menghindari minum teh dan kopi saat sahur. Pasalnya, kafein yang ada dalam minuman yang satu itu bisa membuat tubuh cepat merasakan haus. Sebaiknya menjauhi makanan atau minuman manis yang bisa dicerna oleh tubuh dengan cepat. Sehingga, tubuh tidak merasa lapar lebih cepat nantinya. 

Namun, perlu diingat konsumsi air putih jangan terlalu banyak agar masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, kembung, hingga mencairkan asam lambung tidak terjadi selama puasa. 

2. Dua Gelas Air Putih saat Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa diwajibkan untuk minum air putih sebanyak dua gelas. Dengan begitu rasa haus saat berpuasa bisa teratasi. Sebenarnya dua gelas air putih sudah cukup untuk meredakan dehidrasi tubuh.

Satu gelas bisa diminum tepat saat berbuka dan satu lagi beberapa menit kemudian saat menyantap makanan ringan.

3. Empat Gelas Air Putih pada Malam Hari

Mengonsumsi empat gelas air putih saat malam hari atau sekitar jam 8 ke atas hingga waktu tidur juga sangat baik dilakukan. Dengan cara demikian tentu tubuh bisa terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. 

Usahakan tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Pola ini bisa membuat tubuh lebih mudah memproses makanan yang masuk dan memudahkan organ untuk mencerna lebih lancar. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Cegah Kelelahan Selama Bulan Puasa
Beberapa tips untuk mencegah tubuh lelah selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di antaranya melakukan tidur siang dan mengurangi makan pedas.
Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa
Selama puasa, penderita asam lambung harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut minuman sehat untuk mengatasi asam lambung.
11 Tips Cegah Kantuk Saat Berpuasa
Tak sedikit orang kerap merasakan kantuk saat berpuasa. Berikut tips mudah mencegah kantuk tersebut.
0
Jerman Larang Kedatangan Au Pair di Masa Pandemi
Keluarga muda di Jerman menghadapi masalah karena program au pair ditunda yang disebabkan oleh pandemi virus corona