Tiga Jenis Olahraga Malam yang Dianjurkan

Jangan sembarangan melakukan olahraga pada malam ini. Salah memilih tubuh bisa celaka. Inilah olahraga yang dianjurkan dilakukan pada malam hari
ilustrasi olahraga. (Foto: Pixabay/skeeze)

Jakarta - Tak semuanya orang memiliki waktu untuk berolahraga. Sementara waktu yang tersedia hanya malam hari. Sebagian lagi ada yang memang merasa lebih nyaman untuk olahraga pada pada malam hari.

Kesadaran olahraga jelas baik. Tubuh yang sehat memerlukan olahraga rutin. Itu sebabnya tak alasan untuk tidak menggerakkan tubuh, berolahraga. Tapi tentu permasalahannya, bagaimana kalau hanya punya waktu atau memang senang melakukan aktivitas menyehatkan tubuh pada malam hari?

Hal penting lain, jangan ngawur atau sembarangan memilih jenis olahraga pada malam hari. Salah memilih jenis olahraga bukan tubuh sehat yang didapat tapi celaka. Padahal, olahraga yang baik adalah olahraga yang membuat kita nyaman. Keluar keringat dengan cara yang benar dan tubuh menjadi bugar.

Berikut tiga jenis olahraga yang dianjurkan dan sangat kecil risikonya yang bisa dilakukan pada malam hari.

1. Jalan Cepat

Syarat utama adalah soal rute. Cari rure yang terang dan aman. Jalan cepat akan membuat kaki kita sehat dan kencang dan tubuh berkeringat. Pada malam hari keluarnya keringat tetap akan membuat tubuh segar karena keringat berarti pula membuang kotoran. 

Tentang rute, jika tak ada tempat yang memungkinkan, seperti taman atau jalan yang memiliki lampu terang, tak ada salahnya berputar-putar di lapangan bulungtangkis atau di dalam ruang yang bercahaya dan cukup luas, misalnya aula. Tapi memang yang paling menyenangkan untuk jalan cepat adalah di luar rumah yang cukup penerangannya. Dianjurkan, sebelum jalan cepat, pelajari dulu trek yang akan dilalui. Ini untuk mengetahui mana jalan yang mungkin berlubang atau rusak yang bisa membahayakan kita. Yang terakhir, jangan memaksa tubuh untuk jalan cepat berkilo-kilo meter.

2.Yoga

Ilustrasi Yoga

Ilustrasi Yoga. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jika belum bisa, tak ada salahnya untuk kursus dulu. Yoga, olahraga meditasi dari India ini minim gerakan dan bisa dilakukan sendiri atau bersama sejumlah orang.

Ingat setelah melakukan olahraga ini, istirahat sejenak, minum air putih dan jika mandi, mandilah dengan air hangat.

Yoga memerlukan tempat yang tenang. Bisa di luar atau di dalam ruang yang penting cukup udara dan terang.

Anda bisa melakukannya mulai pukul delapan atau sembilan malam, tak ada masalah. Dua jam melakukan Yoga kita akan merasa segar. Yoga juga bisa melakukan sendiri -tentu jika kita sudah tahu gerakannya. Kita bisa melakukannya di ruang tamu dengan meminggirkan meja dan kursi, atau di tempat mana pun dalam rumah kita yang cukup memiliki cahaya dan udara.

3. Tai Chi

Ini mirip Yoga karena ada unsur meditasinya. Olahraga dari negeri China ini tak hanya menguras keringat tapi menyehatkan tubuh –otot dan sendi- dan menenangkan pikiran.

Berbeda dengan Yog, Tai Chi memerlukan tempat relatif lebih luas, walau ada juga gerakan Tai Chi yang cenderung “di tempat.” Untuk lebih bersemangat tak ada salahnya dalam melakukan olahraga Tai Chi Anda memakai “seragam,” atau baju khusus Tai Chi.

Tai Chi memiliki sejumlah gerakan dengan fungsi dan kegunaan berbeda untuk tubuh. Jika Anda belum memahami Tai Chi, belajarlah dengan ahlinya. Tai Chi memiliki teknik tersendiri dalam pernafasan karena itu ada baiknya belajar benar-benar sebelum mempraktikkannya sendiri. Seperti Yoga, olahraga Tai Chi pada malam hari bisa dilakukan dengan beberapa orang dan salah satunya bisa ditunjuk sebagai pemimpin yang, misalnya, bertugas memberi aba-aba.

Inilah tiga olahraga yang bisa dilakukan pada malam hari. Ingat setelah melakukan olahraga ini, istirahat sejenak, minum air putih dan jika mandi, mandilah dengan air hangat. Jika Anda melakuka semua ini dengan tenang, dijamin akan tidur nyenyak dan bangun dengan badan bugar. []

Berita terkait
Risiko Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong
Meski menyehatkan, berolahraga dalam keadaan perut kosong ternyata tidak terlalu bermanfaat untuk tubuh. Berikut penjelasannya.
7 Syarat Olahraga untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ketika berolahraga penting untuk memperhatikan beberapa syarat agar hasilnya lebih optimal. Dengan begitu, kesehatan tubuh tetap terjaga.
10 Tips Mudah Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga
Perut buncit tentu menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Berikut cara meratakan perut buncit tanpa olahraga.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.