10 Tips Mudah Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Perut buncit tentu menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Berikut cara meratakan perut buncit tanpa olahraga.
Ilustrasi perut buncit (Foto: Pixabay)

Jakarta - Perut buncit tentu menjadi masalah besar bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Namun jangan khawatir, mengecilkan atau meratakan perut buncit ternyata bisa dengan mudah tanpa perlu berolahraga.

Biasanya memiliki perut langsing membutuhkan proses seperti berolahraga dan pola makan yang baik. Tetapi, ada cara mudah bisa dilakukan yaitu  memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan tubuh ideal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara mengecilkan perut buncit tanpa berolahraga.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung kadar serat tinggi bisa membuat kenyang tahan lebih lama. Ini dikarenakan serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

Peningkatan asupan serat bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi timbunan lemak di perut. Beragam makanan tinggi serat yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi seperti alpukat, kacang poling, kubis, beri hitam atau blackberry.

2. Masak Menggunakan Minyak Kelapa

Tak semua minyak goreng bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya minyak kelapa. Jenis minyak ini justru cocok digunakan dalam diet untuk mengecilkan perut buncit.

Minyak kelapa memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga, bahan ini baik digunakan sebagai pengganti bahan makanan berlemak.

3. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Bukan rahasia lagi jika makanan dan minuman manis bisa membuat perut menjadi buncit. Hal Ini dikarenakan kelebihan asupan gula bisa membuatnya menjadi tumpukan lemak di dalam tubuh termasuk di sekitar perut. Jadi disarankan untuk membatasi mengonsumsi makanan dan minuman manis.

4. Konsumsi Lemak Ikan

Sama seperti minyak kelapa, tidak semua lemak buruk untuk kesehatan tubuh, misalnya lemak ikan. Lemak ikan kaya akan protein dan omega-3 yang bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit, termasuk menghilangkan lemak di sekitar perut.

Beragam jenis ikan yang bisa dikonsumsi, seperti ikan haring, sarden, salem, dan teri. Disarankan menyantapnya tiga kali dalam seminggu guna mendapatkan manfaat meratakan perut buncit.

5. Cuka Apel

Tak jarang cuka apel dianggap sebagai minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Pasalnya, asam asetat yang dikandung cuka apel memiliki beragam khasiat termasuk membantu mengecilkan perut buncit. Bahkan, ada pendapat jika mengonsumsi satu sendok cuka apel selama 12 minggu setiap hari mampu mengecilkan perut hingga 1,4 cm.

6. Berpuasa

Puasa menjadi salah satu cara mudah untuk mengecilkan perut buncit. Salah satu strategi puasa yang paling populer yaitu dengan makan dalam jangka waktu delapan jam, lalu berpuasa selama 16 jam berikutnya.

Metode berpuasa tersebut bila dijalankan selama 2-6 bulan bisa menghilangkan 7 persen lemak di perut. Dengan begitu perut akan semakin mengecil guna meminimalisir risiko mengalami masalah kesehatan.

7. Hindari Stres

Tingkat stres yang tinggi dianggap bisa mempengaruhi berat badan seseorang. Hal tersebut lantaran stres bisa memicu tubuh untuk menghasilkan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan.

8. Istirahat Cukup

Kurangnya durasi tidur sehari-hari ternyata bisa mempengaruhi berat badan seseorang, khususnya para pekerja yang kurang beristirahat.

Padahal, orang yang hanya tidur selama lima jam sehari cenderung memiliki perut lebih buncit dibandingkan dengan yang tidur selama tujuh jam sehari. Pasalnya, kurang istirahat atau tidur bisa mempengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

9. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan menjadi salah satu hal penting  untuk memiliki perut yang ideal. Selain membuat tubuh lebih sehat dan berenergi, sarapan bisa membantu mengontrol porsi makan siang sehingga tidak makan berlebihan nantinya.

10. Perbanyak Air Putih

Tidak hanya menghidrasi tubuh, minum air putih secukupnya setiap hari bisa membantu membuang kelebihan air dalam tubuh yang membuat perut tampak buncit. Jika bosan dengan air tawar, cobalah tambahkan beberapa irisan lemon dan daun mint agar terasa lebih segar. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Diet Melaney Ricardo, Turun 15 Kg Tanpa Siksa
Melaney Ricardo memberikan tips diet setelah ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 15 kilogram tanpa perlu merasa tersiksa.
Makanan Rendah Lemak Cegah Gemuk Saat WFH
Sejak work from home (WFH) dan physical distancing diberlakukan untuk cegah penyebaran virus Corona masyarakat mengeluhkan berat badan.
Empat Kebiasaan di Pagi Hari, Bikin Perut Rata
Masalah perut buncit banyak dialami kaum lelaki, tetap saja perut tidak bisa rata. Berikut empat kebiasaan bikin perut rata.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar