UNTUK INDONESIA
Teten Masduki Ingin UMKM Terhubung ke Perbankan Pajak & BPJS
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan para pelaku UMKM nantinya bisa terhubung ke lembaga perbankan, perpajakan dan BPJS.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.(Foto:Tagar/JPNN)

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan para pelaku UMKM nantinya bisa terhubung ke lembaga perbankan, perpajakan dan BPJS. Ini bisa terwujud dengan adanya kemudahan perizinan lewat Undang-Undang (UU) Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Transformasi lainnya yang saya kira penting menjadi target kita yaitu bagaimana transformasi dari sektor informal menjadi formal.

Sebab menurut Menteri Teten, UU Ciptakerja dapat mendorong transformasi pelaku UMKM dari sektor informal menjadi formal.

"Transformasi lainnya yang saya kira penting menjadi target kita yaitu bagaimana transformasi dari sektor informal menjadi formal. Maka dari itu kemudahan perizinan dalam UU Ciptaker betul-betul kita berikan," ujar Teten pada 16 Oktober 2020.

Menteri Teten menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo agar UU Cipta Kerja bisa mendorong pertumbuhan UMKM dan koperasi serta supaya UMKM bisa menciptakan lapangan kerja.

"Sebenarnya bukan hanya sekadar tumbuh, tapi yang kita harapkan sebenarnya juga bagaimana ada transformasi," ungkap Teten.

Menurut Menkop UKM, masalah high cost economy Indonesia bukan hanya dialami oleh industri manufaktur besar melainkan juga di UMKM. Ini terjadi lantaran birokrasi yang rumit dan perizinan yang panjang sehingga membuka peluang terjadinya high cost economy dan ketidakpastian usaha.[]

Berita terkait
Teten Masduki: Cipta Kerja Perkuat UMKM dalam Rantai Pasok
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan bahwa Undang-undang Cipta Kerja mampu memperkuat posisi Koperasi dan UMKM dalam rantai pasok.
Teten Masduki: Cipta Kerja Beri UMKM Tempat Usaha yang Layak
Menkop UKM Teten Masduki menegaskan, UU Cipta kerja menjawab semua permasalahan yang dihadapai UMKM selama ini seperti perizinan dan permodalan.
Teten Masduki Dorong Peran Anggota Kembangkan Koperasi
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, keunggulan Koperasi dibanding badan usaha lain salah satunya terletak pada konsep kepemilikan bersama.
0
Stok Gas LPG 3 Kilogram Tersisa 6,5 Juta Tabung di Sumbar
Stok gas LPG ukuran tiga kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) tersisa 6,5 juta tabung hingga akhir tahun 2020.