UNTUK INDONESIA
Kemenkop UKM Gelar Pelatihan untuk Genjot Ekspor UKM
Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan akses pasar berbasis ekspor.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto:Tagar/Propublik)

Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan akses pasar berbasis ekspor di Hotel Santika, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu 14 Oktober 2020. Pelatihan ini sesuai komando Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang selalu menekankan jajarannya untuk menjemput bola terhadap pelaku Koperasi dan UKM yang mempunyai potensi ekspor. Bahkan menurut Teten, mereka harus difasilitasi.

Kami pun secara khusus mendatangkan expert di bidang ekspor, yang hadir adalah pelaku UKM yang sudah malang melintang dalam ekspor

Deputi Bidang Pengembangan SDM KemenkopUKM Arif Rahman Hakim menjelaskan, tujuan pelatihan di Bangka Belitung untuk mendorong UMKM yang memiliki produk unggulan, agar dapat meraih peluang-peluang yang ada melalui pasar ekspor.

"Berdasarkan hasil monitoring di lapangan, Bangka Belitung mempunyai komuditas unggulan untuk ekspor," kata Arif. Produk yang bisa diekspor itu, antara lain lidi nipah berikut produk turunannya, nanas, dan kopi. Selain pasar luar negeri, Arif tak menampik pasar dalam negeri juga terbuka luas.

Ekspor pertanian Indonesia sejatinya masih cukup rendah, atau hanya menyumbang US$0,35 miliar atau 2,54% dari total Ekspor Non Migas. "Artinya, inilah peluang emas yang harus diraih untuk dapat meningkatkan ekspor di sektor pertanian," tambah Arif.

Arif menegaskan, kelemahan Koperasi dan UKM salah satunya adalah akses pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri. "Kami pun secara khusus mendatangkan expert di bidang ekspor, yang hadir adalah pelaku UKM yang sudah malang melintang dalam ekspor," kata Arif. 

Untuk pasar dalam negeri, pihaknya menghadirkan LKPP (Belanja Pengadaan) dan Pasar Digital (PaDi) dari Kementerian BUMN, serta pakar dalam digital marketing.

Sementara UMKM yang eksis dan mampu bertahan hingga saat ini, adalah Koperasi dan UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital, baik melalui media sosial maupun marketplace yang ada. 

KemenkopUKM pun sudah membangun kolabolasi dengan marketplace. Antara lain, Blibli.com, Lazada, Shoppe, Bukalapak, Tokopedia, untuk pertanian/peternakan dengan sayur box, tanihub, dan ternaknesia.[]

Berita terkait
Teten Masduki Dorong Peran Anggota Kembangkan Koperasi
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, keunggulan Koperasi dibanding badan usaha lain salah satunya terletak pada konsep kepemilikan bersama.
Teten: Cipta Kerja Mudahkan Pengembangan Koperasi dan UMKM
Menkop UKM Teten Masduki menegaskan, Cipta Kerja antara lain mempermudah akses pembiayaan, pasar, dan pengembangan usaha bagi koperasi dan UMKM.
Teten Masduki: Cipta Kerja Perkuat UMKM dalam Rantai Pasok
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan bahwa Undang-undang Cipta Kerja mampu memperkuat posisi Koperasi dan UMKM dalam rantai pasok.
0
Nella Kharisma - Dory Harsa Rilis Lagu Duet di HUT MNCTV
Pasangan penyanyi dangdut Nella Kharisma dan Dory Harsa tengah mempersiapkan lagu duet yang akan diluncurkan pertama kali di acara HUT MNCTV.