UNTUK INDONESIA
Tetap Fit di Usia Tua, Ini Olahraga Rutin BJ Habibie
Presiden ketiga RI BJ Habibie memiliki hobi, yaitu renang yang rutin dilakukan semasa hidupnya.
BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden ketiga RI BJ Habibie memiliki hobi, yaitu renang. Ternyata semasa hidupnya, olahraga ini selalu rutin dijalankan. 

"Saya berenang tiap hari," kata Habibie di Gedung DPR/MPR pada Juni 2019. 

Memang diakui renang dapat membuat badan sehat dan bugar. Itu karena olahraga yang satu ini berperan penting menjaga kestabilan dan keseimbangan seluruh organ tubuh. 

Dengan memilih renang sebagai rutinitas, anda dapat memperoleh banyak manfaat yang dihasilkan. Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat renang. 

1. Memperkuat Otot 

Renang membuat seluruh tubuh bergerak, apapun bentuk gayanya. Meski berbagai gaya yang digunakan saat renang, tetapi masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini membantu memperkuat otot dan membangun kekuatan, serta daya tahan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Dengan memilih renang sebagai hobi, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Khususnya, pada gaya kupu-kupu, detak jantung akan meningkat dan menguatkan fungsi jantung. Olahraga ini juga, mampu meningkatkan sistem pernapasan semakin lebih baik. 

Para peneliti telah mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Dengan demikian, jika jantung sehat tak menutup kemungkinan gula darah dan tekanan darah dapat terkontrol.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan   

Jika ada persoalan mengenai bentuk tubuh, renang bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Karen dengan renang akan membantu membakar kalori. 

Sebuah penelitian mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori. Alhasil, jika rajin renang maka seseorang dapat merasakan manfaat bagi pertumbuhan tubuh. 

4. Meredakan Stres

Berenang mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres seseorang. Renang selama 30 menit, anda dapat merasakan badan terasa lebih rileks dan bebas dari stres. 

Olahraga ini juga akan membantu mengendalikan rasa cemas dan stres, karena olahraga ini dapat mengalihkan pikiran dari banyaknya masalah yang sedang dihadapi. 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika mengalami kesulitan tidur, olahraga ini mampu memperbaiki kualitas tidur anda lebih teratur. Berenang akan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Penderita insomnia, sebaiknya menjalankan rutinitas olahraga ini, supaya waktu tidur anda tetap stabil dan terjaga. Jika sudah melakukannya, orang tersebut akan merasakan manfaatnya yang nyata. 

6. Mengurangi Tingkat Keparahan Penyakit Asma

Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Sehingga, membantu mengendalikan sistem pernapasan.

Bagi penderita asma, manfaat renang akan signifikan dirasakan. Namun, bahan disinfektan yang biasanya terdapat dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk para penderita asma. Untuk itu, mereka harus berhati-hati.

7. Mengontrol Kolesterol

Renang dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol baik, berkat kekuatan aerobiknya. Olahraga ini, dapat membuat kadar kolesterol stabil dan membantu menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik. 

8. Membuat Lebih Cerdas

Renang mampu meningkatkan kecerdasan. Karena olahraga ini mampu mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, serta mendorong pertumbuhan sel otak baru. Bahkan dengan renang, juga dapat meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir.[]

Baca juga:

Berita terkait
Berenang di Sungai, Bocah SD Hanyut di Sumbar
Seorang pelajar SD bernama Rival di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat hanyut di aliran sungai Batang Ombilin sejak Sabtu
Agung Hercules Berenang Meski Derita Kanker Otak
Agung Hercules kepergok berenang di tengah penyakit kanker yang dideritanya, tumor otak gliblastoma stadium 4.
Duka Danau Toba, Roni: Penumpang Wanita Itu Tak Bisa Berenang, Akhirnya Tenggelam
Duka Danau Toba, Roni: penumpang wanita itu tak bisa berenang, akhirnya tenggelam. “Dia meninggal dunia, turut tenggelam bersama kapal kayu tersebut," jelasnya dengan wajah sedih.
0
Jelang Pelantikan, Jokowi Panggil Menhub Budi Karya
Tiga hari jelang pelantikan Presiden terpilih Jokowi memanggil Menhub Budi Karya ke Istana Kepresidenan Jakarta.