Indonesia
Agung Hercules Berenang Meski Derita Kanker Otak
Agung Hercules kepergok berenang di tengah penyakit kanker yang dideritanya, tumor otak gliblastoma stadium 4.
Gambar-gambar tubuh kurus Agung Hercules karena sakit, viral di dunia maya. (Foto:Instagram/AgungHercules88Tagged)

Jakarta - Penyanyi dangdut Agung Hercules menjalani perawatan penyakit tumor otak gliblastoma stadium 4 yang dideritanya. Komedian itu melakukan terapi berenang yang mampu mengurangi intensitas rasa sakit.   

Dalam akun YouTubenya, Agung Hercules TV, pria berusia 42 tahun tersebut terlihat melakukan aktivitas di dalam kolam renang. Di lokasi sama, bersama sang istri Mira Rahayu, Agung Hercules mengungkapkan penyakit yang diidapnya itu

Sang istri membeberkan jika pemilik goyang barbel itu harus menjalani program yang panjang, diawali dengan operasi sebanyak tiga kali. Pelantun lagu Astuti tersebut juga harus menjalani terapi kemo selama enam bulan berturut-turut, dan radiasi tahap pertama.

Agung HerculesAgung Hercules berenang untuk penyembuhan kanker otak stadium empat yang dialaminya. (Foto: Tangkapan layar Youtube/ Agung Hercules TV)

Bila ditelisik, pengidap kanker yang menjalani olahraga berenang ternyata dapat memengaruhi kesehatannya. Hal itu berdasarkan peneliti kanker Profesor Cornelia Ulrich dari pusat penyakit tumor di Heidelberg.

"Secara konkrit, jika seseorang berolahraga secara rutin saat kemoterapi tidak akan ada efek merusak dan membantu rasa kelelahan kronis bahkan akan membantu kemampuan bertahan hidup," ujar Cornelia.

Sementara dalam laman Patient Empowerment Network, berenang merupakan olahraga yang tidak terlalu menopang tubuh di dalam air, sehingga dapat meningkatkan kekuatan otot, dan menambah daya tahan tubuh.

Selain itu, berenang memiliki efek samping positif pada kesehatan mental, di antaranya meningkatkan suasana hati.

Untuk pengidap kanker stadium lanjut, berenang dapat membantu memerangi efek samping penyakit dengan mengurangi intensitas gejala seperti nyeri, kelelahan, dan neuropati perifer. Bahkan, dapat menghilangkan stress dan depresi yang diakibatkan kanker.

Efek positif dari berenang juga telah dialami Agung. Di tengah usahanya untuk sembuh, Mira Rahayu tetap setia mendapingi dan berharap suaminya sembuh seperti sedia kala.

"Alhamdulillah, mas Agung lagi disayang sama Allah dititipin tumor otak sebelah kirinya, dan itu yang sekarang sedang berusaha untuk ikhtiar untuk menjadi orang yang lebih baik dan bagus dari yang sebelumnya," ujar istri Agung.

Baca juga: Kanker Otak Penyebab Agung Hercules Botak dan Kurus

Berita terkait
0
Warga Papua di Manokwari Masih Trauma
Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotan mengatakan kondisi warga masih trauma, setelah peristiwa kericuhan yang terjadi di Manokwari.