Terkena Sunburn? Ini Tips Mengatasinya Agar Cepat Pulih

Terbakar sinar matahari atau yang disebut sebagai Sunburn Hal yang baru. Hal ini juga bisa diatasi dengan menerapkan tips merawat kulit.
Ilustrasi - Sunburn (Foto:Tagar/Freepik)

Jakarta - Terbakar sinar matahari atau yang disebut sebagai Sunburn Hal yang baru. Hal ini juga bisa diatasi dengan menerapkan tips merawat kulit yang terkena efek sengatan matahari. 

Biasanya permasalahan kulit yang satu ini dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang tinggal di daerah yang panas dan kering dan mereka yang lebih sering melakukan kegiatan di luar rumah.

Namun, masalah ini juga tidak boleh dianggap remeh. Karena efek dari sunburn bisa memicu berbagai jenis masalah kulit lainnya termasuk kanker kulit! Durasi waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi sunburn pun berbeda-beda. Memang pada dasarnya, sebenarnya masalah kulit yang terkena sunburn sembuh dengan sendirinya.

Tapi, apakah kamu mau mendiamkannya begitu saja? Bagaimana jika nantinya malah akan menimbulkan efek yang lebih parah jika tidak segera diatasi? Karena ketika kulit kamu mengalami sunburn, tentunya penampilan kamu menjadi kurang menarik karena kulitmu terlihat belang, kemerah-merahan seperti terkena luka bakar! Hiii ngeri juga ya!

Bukan hanya penampilan saja, efek sunburn juga terasa perih dikulit. Untuk itu, kamu harus menerapkan perawatan kulit sunburn agar kulitmu bisa Kembali seperti semula.

Dalam dunia medis, sunburn dibagi menjadi 3 level. Level ringan, medium dan parah. Biasanya, sunburn level ringan ini hanya ditandai warna kulit kemerah-merahan. Sedangakan jika kamu mengalami sunburn level medium, kulitmu akan kemerah-merahan, juga biasanya terbakar.

Dan level terakhir adalah jika kulit mulai mengelupas, sunburnmu telah berada di level parah. Butuh penanganan khusus dari dokter kulit untuk mengatasi masalah ini. Dan lama penyembuhannya bisa berminggu-minggu.

Apapun level sunburn yang kamu alami, kamu tetap tidak boleh membiarkannya begitu saja. Sunburn yang ringan bisa menjadi medium dan bahkan level parah jika tidak segera ditangani. 

Oleh karena itu penting sekali bagi siapa saja untuk mengetahui bagaimana cara merawat kulit sunburn. Nah, untuk tahu cara penanganan kulit yang terkena sunburn, intip ulasannya seperti dikutip dari nivea dibawah ini yuk!


1. Kompres air dingin

Yang pertama adalah mengkompres kulit yang mengalami sunburn. Kamu bisa menyiapkan kain seperti handuk yang bisa meresap air dingin. Rendam handuk tersebut ke dalam air yang diisi dengan air es. Kemudian angkat dan peras airnya. Lalu, tempelkan handuk pada bagian kulit kamu yang mengalami sengatan matahari.

Jika kamu punya kolam renang atau bak mandi di rumah, kamu bisa berendam dulu di air dingin sekitar 30 sampai 60 detik. Ini bisa kamu lakukan jika bagian tubuh yang mengalami sengatan matahari sulit untuk dicapai. Misalnya saja bagian punggung. Kamu bisa berendam sebentar lalu kamu bisa coba tempelkan handuk dingin untuk kompres.

Mengompres ini agar kulit tidak terlalu lama kepanasan. Karena jika dibiarkan terlalu lama, kulit akan melepuh. Sunburn akan semakin parah. Tidak hanya kulit berwarna kemerah-merahan tapi juga bisa iritasi.


2. Minum air putih

Selain melakukan kompres, kamu juga perlu mengkonsumsi air putih yang banyak. Karena saat kulit terbakar sinar matahari, ada kemungkinan tubuh kamu kekurangan cairan. berikan cairan ke dalam tubuh dengan cara minum air putih yang banyak.

Sebenarnya, tidak hanya melakukan minum air putih saja yang bisa kamu. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang segar. Karena di dalam buah dan sayuran juga mengandung air yang baik untuk tubuh kamu.


3. Jangan terlalu sering menyentuh kulit

Selain merawat kulit terbakar sinar matahari, kamu juga harus menghindari pantangan. Salah satunya menghindari sering terlalu sering menyentuh kulit terbakar matahari. bakteri yang ada di telapak tangan kamu. Bakteri tersebut akan berpindah ke kulit yang mengalami sunburn yang menyebabkan iritasi.

Selain itu, kamu harus tahu kulit yang sunburn itu sensitif. Terlalu sering disentuh bisa membuat kulit mudah terkelupas. Hal ini bisa membuat proses penyembuhan kulit sunburn semakin lama.


4. Gunakan krim khusus untuk mengatasi sunburn

Untuk mempercepat proses penyembuhan kulit terbakar sinar matahari, kamu bisa menerapkan krim khusus. Seperti sunblock, sunscreen atau cooling gel untuk meredakan panas kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. 

Jika Anda ingin melakukan atau melakukan aktivitas yang langsung terkena sinar matahari, ada baiknya Anda memakai lotion atau tabir surya untuk menghindari terkena efek sengatan matahari.

Gunakan krim yang mengandung Sun Protect & Moisture SPF50. Karena produk ini akan mempercepat proses regenerasi sel kulit. Dengan demikian, kulit yang rusak karena paparan sinar matahari akan segera dipicu oleh sel kulit yang baru. 

kandungan SPF-nya saja sebesar 50. SPF ini kandungan yang berperan menangkal radikal bebas dan sinar UV. Semakin tinggi nilainya, maka semakin kuat proteksi yang diberikan.

(Fasya Aldiza Mutasyifa)


Berita terkait
Tips Cantik yang Masih Dipercaya, Bahaya bagi Kulit Wajah
Memiliki kulit cantik pasti sangat diidam-idamkan oleh kaum hawa. Tak heran, berbagai tips kecantikan bisa dengan mudah didapatkan di internet.
5 Tips Atasi Tekstur Wajah yang Tidak Rata
Tekstur wajah yang tak merata membuat penampilan menjadi tak menarik dan membuat tidak percaya diri. Berikut tips atasi masalah tersebut.
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
0
Terkena Sunburn? Ini Tips Mengatasinya Agar Cepat Pulih
Terbakar sinar matahari atau yang disebut sebagai Sunburn Hal yang baru. Hal ini juga bisa diatasi dengan menerapkan tips merawat kulit.