Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Kulit Wajah

Seharusnya Anda jangan sembarangan memilih sabun muka, apalagi hanya berdasarkan rekomendasi para blogger atau tren kecantikan. Berikut caranya.
Ilustrasi - Sabun muka. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Wajah merupakan tumpuan utama yang akan dilirik oleh orang lain, oleh karena itu, hampir setiap orang melakukan perawatan pada wajah, mulai dari perawatan hingga memperhatikan sabun muka yang cocok dipakai.

Untuk itu, seharusnya Anda jangan sembarangan memilih sabun muka, apalagi hanya berdasarkan rekomendasi para blogger atau tren kecantikan saat ini.

Belum tentu produk tersebut sesuai dengan masalah dan tipe kulit Anda. Jadi, sebaiknya pahami beberapa hal di bawah ini sebelum Anda membeli pembersih wajah.


1. Ketahui jenis kulit wajah 

Pastikan Anda mengetahui tipe dan masalah kulit yang Anda miliki, kemudian pilihlah sabun muka yang sesuai berdasarkan kedua faktor tersebut. Jika Anda memilih pembersih yang berbeda dengan tipe kulit, maka kulit akan lebih mudah mengalami iritasi dan pengelupasan.


2. Cari tahu pendapat orang yang sudah pernah pakai

Jangan ragu membaca review atau sekadar menanyakan kepada orang yang sudah pernah memakai sabun muka yang hendak Anda pilih. Tanyakan atau cari tahu pengalaman orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut untuk mengetahui kemungkinan efek sampingnya.


3. Cek bahan-bahannya

Beberapa sabun muka mengandung deterjen yang keras seperti natrium laureth sulfate (SLES), natrium lauril sulfat (SLS), mentol, atau alkohol. Hindari bahan-bahan tersebut.


4. Amati perubahan pada wajah

Meski sudah mencoba tahapan di atas. Namun, sebelum benar-benar mulai memakai sabun muka yang Anda pilih, ada baiknya Anda membuat foto before-after.

Coba foto kondisi wajah sebelum Anda menggunakan produk sabun muka. Setelah kira-kira seminggu, perhatikan kondisi wajah usai menggunakan sabun muka tersebut.

Jika setelah menggunakan sabun muka kulit terasa kering, sebaiknya jangan gunakan lagi. Memakai pelembap wajah setelah menggunakan pembersih wajah yang menyebabkan kulit kering tidak akan bisa menyelesaikan masalah.

Namun, jika tidak ada masalah setelah menggunakan pembersih wajah tersebut, Anda bisa meneruskan penggunaan produk tersebut dan mencari toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda.


5. Lengkapi dengan toner

Setelah menggunakan pembersih dan kulit wajah tidak mengalami masalah apa pun, Anda bisa mengusapkan produk toner (non-alkohol) dengan kapas ke seluruh wajah.

Jika setelah cuci muka kapas yang Anda gunakan untuk mengusap wajah dengan toner masih memiliki banyak sisa make up atau terlihat kuning, berarti pembersih Anda kurang efektif. []


Berita terkait
7 Cara Memijat Wajah yang Membuat Sehat dan Segar
Berbagai perawatan wajah sudah menjamur di Indonesia salah satu dengan menggunakan cara meminjat wajah untuk mendapatkan wajah sehat dan segar.
Cara Simple Mencerahkan Kulit Wajah Kusam
Kulit sehat dan bersih menjadi sebuah impian dan keinginan semua orang tak kecuali kaum adam. Berikut cara mencerahkan kulit wajah yang kusam.
5 Cara Alami Mengecilkan Pori-pori pada Wajah dengan Cepat
Cara alami mengecilkan pori-pori wajah bisa jadi pilihan tepat jika Anda ingin menghilangkan pori-pori besar. Berikut caranya.
0
Disambut Keluarga, Saipul Jamil Resmi Bebas Murni dari Penjara
Saipul Jamil telah resmi bebas murni pada Kamis, 2 September 2021. Setelah lima tahun menjalani masa tahanan di Lapas Kelas 1 Cipinang.