UNTUK INDONESIA
Tekad Borneo Mencuri Poin di Kandang PSM Makassar
Borneo FC optimistis meraih poin saat melakoni laga tandang melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Senin 2 Desember 2019.
Pelatih Borneo FC Roberto Carlos Mario Gomes bersama bek Diego Michiels saat memberikan keterangan pers jelang melawan PSM Makassar di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin 2 DEsember 2019. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - Borneo FC optimistis meraih poin penuh saat melakoni laga tandang melawan PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin 2 Desember 2019. PSM tetap bisa dikalahkan meski rekor kemenangan di laga kandang termasuk bagus. 

Borneo FC sangat termotivasi mengincar poin saat melakoni laga tandang. Mereka berharap bisa menjaga jarak poin dengan dua pesaingnya, Persipura Jayapura dan Madura United. 

Tim-tim memang sudah tidak memikirkan posisi puncak karena mustahil mengejar Bali United yang mengantongi 60 poin. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan titel Liga 1. 

Ini adalah pertandingan penting bagi Borneo FC. Hanya mereka memang bukan lawan ringan.

Pasalnya, mereka sudah unggul 15 poin dari Borneo FC yang menduduki peringkat kedua. Ini yang menjadikan Borneo FC lebih fokus menghadapi persaingan dengan tim-tim di bawahnya. Tim berjuluk Pesut Etam ini hanya unggul satu poin dari Persipura dan Madura United. 

Target meraih poin di pertandingan melawan PSM pun dicanangkan Borneo FC. Hanya, pelatih Roberto Carlos Mario Gomes mengakui bila PSM adalah salah satu tim terkuat di Liga 1. Mereka juga jarang mengalami kekalahan di kandang sendiri. 

PSM terakhir kali kalah di Makassar saat menjamu Persija Jakarta, 20 Oktober 2019. Saat itu, tim Juku Eja dipaksa menyerah 0-1. Namun PSM juga kerap membantai lawan-lawannya di laga home. Persipura dihajar 4-0 dan Arema FC dihabisi 6-2. 

Pencapaian dan performa Pasukan Ramang yang mengesankan di laga kandang membuat Borneo FC bakal bekerja ekstrakeras. Namun, kata Gomes, timnya akan tetap bermain menyerang untuk dapat meraih poin.

"Ini adalah pertandingan penting bagi Borneo FC. Hanya mereka memang bukan lawan ringan. Di pertandingan terakhir di kandang sendiri, PSM meraih tiga poin. Namun kami sudah berkomitmen setidaknya mengambil poin satu bila gagal menang di sini,” kata Gomes, Minggu 1 Desember 2019.

Menurut dia peluang meraih poin cukup terbuka. Terutama bila tim bermain menyerang. Borneo FC memiliki modal untuk menghadapi PSM. Di laga tandang terakhir, mereka memang kalah 1-2 dari Persela Lamongan. Namun sebelumnya, Borneo FC sukses mengalahkan PSS Sleman 1-0.

“Borneo FC datang ke sini untuk menang. Kami akan memakai strategi menyerang menghadapi PSM," ujarnya.

Sementara bek Diego Michiels mengatakan PSM merupakan tim yang palung sulit dikalahkan di kandang sendiri. Tim tersebut juga memiliki banyak pemain berkualitas. Selain Ezra Walian, Ferdinand Sinaga dan Zulham Zamrun, pemain asingnya juga yang tidak kalah bagus seperti Amido Balde dan Aaron Evans.
 
“Kami harus fokus sampai akhir pertandingan. PSM berbeda dengan klub lain di Indonesia," kata Michiels. 

"Mereka sangat susah dikalahkan jika bermain di kandang. Namun kami bisa meraih hasil maksimal di pertandingan besok,” ujarnya. []

Berita terkait
PSS Vs Borneo FC, Kembali Tumbang di Kandang
PSS Sleman kembali memetik hasil mengecewakan di laga kandang setelah dikalahkan Borneo FC 0-1 di Maguwoharjo, Rabu 20 November 2019.
Kejutan Borneo FC Menang 6 Gol Lawan Bali United
Borneo FC meski diunggulkan dinilai tetap mengejutkan mampu menang telak 6-0 atas Bali United di pertandingan Shopee Liga 1, Jumat 18 Oktober 2019.
Di Balik Sukses PSM Makassar Kalahkan Bali United
PSM Makassar menang 1-0 atas Bali United di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu, 23 November 2019.
0
Cara Startup di Bali Bertahan dari Badai Covid-19
Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah perusahaan startup.