UNTUK INDONESIA
Tanpa Pelatih Kalezic, PSM Ditahan PSS Sleman
PSM Makassar hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan PSS Sleman di laga kandang terakhir PSM di Makassar, Minggu 15 Desember 2019.
PSM Makassar bermain imbang 1-1 melawan PSS Sleman di laga kandang terakhir PSM di Shopee liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu 15 Desember 2019. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - PSM Makassar menutup pertandingan kandang dengan meraih hasil imbang 1-1 melawan PSS Sleman di kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu 15 Desember 2019, malam. Di laga itu, PSM tak lagi didampingi pelatih Darije Kalezic.

PSM memetik hasil tak memuaskan saat mengakhiri laga kandang musim ini. Padahal tim Juku Eja yang bermain di hadapan suporter sendiri membidik kemenangan. Terutama setelah menelan dua kekalahan berturut-turut di kandang lawan. 

Laga itu juga diharapkan menjadi perpisahan bagi pelatih Kalezic yang memutuskan mundur usai melawan PSS. Dengan demikian, dia tak lagi mendampingi tim saat melakoni laga terakhir kompetisi melawan tuan rumah Persib Bandung, 22 Desember 2019. 

Beberapa peluang juga tercipta tetapi tak bisa dieksekusi. Kami terkendala dengan penyelesaian akhir

Namun PSM gagal memenuhi target. Tak hanya itu. Pelatih Kalezic pun tak mendampingi tim di sepanjang pertandingan. Padahal, dia sebelumnya menyatakan akan bersama tim sebelum mengundurkan diri. 

Pelatih kiper Herman Kadiaman menuturkan bila pelatih Kalezic dalam kondisi tidak sehat. Ini yang mengakibatkan dia tak bisa mendampingi tim. Alasan kesehatan pula yang membuat pelatih asal Bosnia ini hanya bertahan satu musim di Indonesia.

"Dia (Kalezic), siang tadi, sudah menyampaikan tidak bisa mendampingi tim karena kondisinya tidak memungkinkan untuk hadir di pertandingan malam hari ini. Kalezic meminta maaf kepada suporter yang telah hadir malam ini," ujar Herman.

Menguasai Permainan

Di pertandingan itu, PSM sesungguhnya menguasai permainan. Tampil menyerang, mereka mampu menekan pertahanan PSS. Hanya, pertahanan solid tim Elang Jawa membuat PSM gagal mencetak gol. Banyak peluang tercipta, namun PSM tak bisa memanfaatkannya dengan baik. 

Sebaliknya, PSM kebobolan lebih dulu menjelang akhir babak pertama. Gol PSS dihasilkan striker Yevhen Bokhashvili di injury time babak pertama. 

Di babak kedua, PSM yang tak ingin kembali kehilangan poin berusaha mengejar ketinggalan gol. Hasilnya, PSM bisa menyamakan kedudukan di menit 67. 

Gol tuan rumah dicetak Aaron Evans dari titik penalti. Skor berubah menjadi 1-1 yang bertahan sampai akhir pertandingan. 

Suporter PSMSuporter PSM Makassar menyalan cerawat usai hasil mengecewakan karena hanya bermain imbang 1-1 melawan PSS Sleman di kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu 16 Desember 2019. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Menurut Herman, tim sesungguhnya menjalankan instruksi dengan baik. Mereka juga tampil menyerang baik di babak pertama maupun kedua. Hanya, lemahnya penyelesaian akhir membuat banyak peluang yang gagal dimaksimalkan. 

"Kami sudah menerapkan strategi dengan baik. Beberapa peluang juga tercipta tetapi tak bisa dieksekusi. Kami terkendala dengan penyelesaian akhir," kata Herman.  

Selain itu, tim dihadapkan dengan pertahanan kuat PSS. Strategi bertahan mereka membuat PSM kesulitan mencetak gol.

"PSS menumpuk sampai lima pemain di lini pertahanan sehingga menyulitkan kami untuk menembus gawang mereka," ujarnya.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi PSM. Mereka menduduki peringkat sembilan dengan poin 44. Sedangkan PSS satu strip di atas PSM dengan memiliki poin 45. 

PSM akan menutup Liga 1 musim 2019 dengan bertandang ke markas Persib Bandung. Tim juga tak akan didampingi Kalezic. []

Berita terkait
Kalezic Optimistis Beri Kemenangan Terakhir PSM
Pelatih Darije Kalezic optimistis menang di laga terakhirnya bersama PSM Makassar saat menjamu PSS Sleman di Makassar, Minggu 15 Desember 2019.
Usai Lawan PSS, Kalezic Mundur Sebagai Pelatih PSM
Pelatih Darije Kalezic menjalani laga terakhir bersama PSM Makassar saat menjamu PSS Sleman di Makassar, Minggu 15 Desember 2019.
PSM Vs PSS, Asnawi Mangkualam Langsung Dimainkan
Pemain timnas U-23 Asnawi Mangkualam langsung dimainkan saat PSM Makassar menjalani laga kandang melawan PSS Sleman, Minggu 15 Desember 2019.
0
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.