Tiada Hujan dan Angin, Pohon Roboh Timpa Dua Rumah di Kudus

Sebuah pohon di Wegu Kulon, Kudus, Jawa Tengah, roboh menimpa dua rumah. Saat itu tidak hujan maupun angin kencang.
Pohon yang berada di Jalan Tit Sudono Wergu Kulon, Kudus, Jawa Tengah, roboh menimpa dua rumah. (Foto: Istimewa)

Kudus - Tak ada hujan deras atau angin kencang, sebuah pohon yang berada di Jalan Tit Sudono Wergu Kulon, Kudus, Jawa Tengah, roboh, Kamis, 10 Desember 2020. Pohon setinggi 10 meter itu menimpa dua rumah di dekatnya. Dampak lainnya arus lalu lintas di lokasi kejadian tersendat.

Lurah Wergu Kulon, Ninuk Herdjini membenarkan kejadian tersebut. Pohon roboh sekitar pukul 14.30 WIB. Arus lalu lintas di Jalan Tit Sudono sempat tersendat, karena batang pohon menutup akses jalan. Beruntung saat pohon ini roboh, tidak ada pengendara yang melintas di sana. Sehingga kejadian ini tidak memakan korban jiwa.

Baca Juga:

"Saya juga kaget waktu diberi informasi adanya pohon roboh. Soalnya sebelum kejadian tidak ada hujan deras atau angin kencang. Sebelum kejadian cuacanya hanya hujan rintik-rintik saja," ungkap Herdjini, Kamis malam.

Pohon Roboh di KudusPetugas BPBD setempat saat proses evakuasi pohon roboh di Jalan Tit Sudono Kudus. (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut, wanita yang juga sebagai seniman keroncong itu mengungkapkan, pohon besar itu roboh karena akarnya sudah rapuh. Kondisi tersebut tidak dapat menopang badan pohon yang besar, hingga mengakibatkan pohon itu roboh.

Kebetulan saya sedang di depan rumah, tidak ada angin, tiba-tiba pohon itu roboh.

"Akar penopang pohon di sepanjang jalan ini memang sudah rapuh, rentan roboh. Untuk itu, pohon-pohon di sana butuh penanganan khusus dari dinas terkait. Agar kejadian seperti ini tidak terulang," ujar dia.

Senada dengan Herdjini, Rahman, penjaga salah satu rumah yang tertimpa pohon mengungkapkan sempat mendengar adanya suara gemuruh yang diikuti robohnya pohon yang ada di seberang jalan tersebut. "Kebetulan saya sedang di depan rumah, tidak ada angin, tiba-tiba pohon itu roboh," katanya.

Baca Juga:

Selang beberapa saat, beberapa petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus tiba di lokasi kejadian dengan membawa gergaji mesin serta alat berat lainnya. Tak hanya itu, pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kudus juga tiba di lokasi guna mengecek kabel listrik di depan jalan tersebut. []

Berita terkait
Angin Robohkan Menara Masjid di Demak, Timpa Rumah Warga
Angin kencang robohkan bangunan menara sebuah masjid di Demak. Menara menimpa rumah warga yang dekat masjid.
Puting Beliung Robohkan Bangunan dan Pohon di Kendal
angin puting beliung dikabarkan menerjang wilayah Kendal. Pohon dan bangunan roboh.
Truk Sampah Nyangkut Pohon hingga Roboh di Sleman
Sopir truk bermuatan penuh sampah yang menggunung menerabas jalan dan menyangkut pohon di Sleman. Tetap memaksakan diri hingga akhirnya roboh.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.