UNTUK INDONESIA

Talut di Poyahan Bantul Longsor Nyaris Timpa Rumah Warga

Talut dan tanah longsor sepanjang 400 meter di Bantul nyaris menimpa rumah warga yang berada di dekatnya. Penyebabnya hujan.
Warga, relawan dibantu petugas SAR, TNI dan Polri, gotong royong membersihkan material talut yang longsor di Poyahan, Bantul, Jumat, 1 Januari 2021. (Foto: Tagar/Istimewa)

Bantul - Talut sepanjang 400 meter yang ada di Dusun Poyahan, RT 02, Desa Seloharjo, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ambrol. Material talut berikut tanah yang longsor nyaris menimpa rumah warga. 

Komandan SAR Dalop DIY Wilayah Bantul, Bondan membenarkan telah terjadi longsor pada talut di daerah Kapanewon Pundong, Bantul, Jumat pagi, 1 Januari 2021. Lokasi talut ambrol itu berada tidak jauh dari objek wisata Goa Jepang. 

Longsornya talut sempat membuat khawatir lantaran berada persis di samping rumah warga. "Kami memperoleh informasi bahwa telah terjadi talut longsor di Pundong yang dikhawatirkan menimpa rumah warga,” kata dia. 

Beruntung talut yang longsor tidak menimpa rumah warga dan tidak ada korban jiwa.

Informasi tersebut ditindaklanjuti dengan pengecekan. Dan meski berada di antara permukiman penduduk namun kejadian tersebut tidak sampai membuat kerusakan rumah warga. 

“Beruntung talut yang longsor tidak menimpa rumah warga dan tidak ada korban jiwa,” jelas Bondan.

Longsornya talut setinggi sekira lima meter ini dikarenakan hujan deras yang turun dalam beberapa hari terakhir. Bondan mengimbau warga yang tinggal di daerah ketinggian untuk lebih waspada dan peduli dengan kondisi tanah sekitarnya. 

“Takutnya jika hujan turun terus-menerus, bahaya longsor dapat terjadi di daerah lainnya,” ujar dia. 

Baca juga: 

Sementara itu, pascatalut longsor, warga dibantu TNI, Polri, petugas SAR dan relawan gotong royong menyingkirkan material talud. Tanah longsor imbas talut ambrol juga turut dibersihkan. []  

Berita terkait
Jalan di Ternadi Kudus Longsor Tergerus Air Sungai Kaliyitno
Jalan desa di Ternadi, Kudus, tak jauh dari Bendungan Janti, longsor. Talud penahan tergerus derasnya air Sungai Kaliyitno.
Talut Longsor Nyaris Seret Rumah di Gunungkidul Yogyakarta
Talut di Tanjunsari, Gunungkidul, Yogyakarta longsor nyaris menyeret rumah warga akibat hujan berdurasi lama. Pemilik rumah harus mengungsi.
Korban Longsor di Kulon Progo Terima Bantuan Bedah Rumah
Pemkab Kulon Progo dan Baznas memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Kokap. Bantuan berupa uang tunai untuk bedah rumah dan jamban.
0
Talut di Poyahan Bantul Longsor Nyaris Timpa Rumah Warga
Talut dan tanah longsor sepanjang 400 meter di Bantul nyaris menimpa rumah warga yang berada di dekatnya. Penyebabnya hujan.