UNTUK INDONESIA
Tanggapi Keraton Agung Sejagat, Yenny Wahid: Halu
Yenny Wahid tak heran dengan kemunculan Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Yenny Wahid, putri ketiga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto: Instagram/@yennywahid)

Jakarta - Putri ketiga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur Yenny Wahid tak heran dengan kemunculan Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang dipimpin Totok Santosa sebagai Raja.

"Sekarang kan banyak orang yang 'halu' ya kalau menganggap dirinya raja," kata Yenny, di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Kamis, 16 Januari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Maka dari itu, menurutnya pilihan untuk mempercayai atau tidak terkait keberadaan keraton yang diklaim penerus Majapahit, dikembalikan lagi ke masyarakat. Mereka yang ikut-ikutan harus ditanya apa tujuan mereka melakukan hal tersebut.

Keraton Agung SejagadSejumlah pengunjung berada di gapura pintu masuk komplek Keraton Agung Sejagat Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa, 14 Januari 2020.(Foto: Antara/Anis Efizudin)

Ketika jawaban yang didapat hanya karena merasa gagah dengan pakaian yang dikenakan alias pura-pura saja, Yenny menilai hal tersebut tidak perlu dilakukan penangkapan. Cukup dilakukan pembinaan.

"Ditanya baik-baik, disentuh emosinya, ngapain kok ikut-ikutan begitu. 'Loh saya kalau pakai baju punggawa begini, saya kan gagah,' dia bilang begitu. Ya, itu kan persoalan lain," tuturnya.

Tetapi ketika ditanya jawabannya ternyata mengandung unsur penipuan, Yenny menyarankan untuk menindak modus tersebut. "Kalau penipuan beda lagi. Itu pelanggaran hukum. Itu boleh ditangkap," ucapnya. []

Berita terkait
Keraton Agung Sejagat Purworejo Pertunjukan Seni?
Kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo di mata seniman tak lebih dari sebuah pertunjukan seni berdampak.
Cara Keraton Agung Sejagat Purworejo Kuasai Dunia
Keraton Agung Sejagat di Purworejo buka cabang di sejumlah wilayah di Indonesia. Ini cara kerajaan menguasai dunia.
Masyarakat Terjebak Ilusi Keraton Agung Sejagat
Keraton masih dianggap sebagai pengayom bagi masyarakat. Sehingga para peikutnya rela berkorban untuk mendapat hidup yang lebih baik.
0
WHO: Dunia Harus Siap Hadapi Pandemi Virus Corona
WHO mengingatkan dunia harus berbuat lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan virus corona jenis COVID-19 menjadi pandemi.