UNTUK INDONESIA
Tanah Datar Banjir Bandang, Agam Pohon Tumbang
Banjir bandang melanda Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon di Kabupaten Agam.
Kawasan Tanah Datar, Sumatera Barat, yang diterjang banjir bandang. (Foto: Tagar/dok.BPBD Sumbar)

Tanah Datar - Banjir bandang menerjang Jorong Tanjung Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Jumat 17 Januari 2020. Bencana ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar).

Pohon tumbang di Agam sempat menghambat aktivitas kendaraan. Kalau di Tanah Datar ada rumah yang rusak.

Selain itu, angin kencang disertai hujan juga menumbangkan sejumlah pohon di kawasan Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Beruntung, kejadian yang menerjang dua daerah tersebut tidak menelan korban jiwa.

"Pohon tumbang di Agam sempat menghambat aktivitas kendaraan. Kalau di Tanah Datar ada rumah yang rusak," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Jumat 17 Januari 2020.

Menurut Rumainur, hujan di Kabupaten Tanah Datar berlangsung sejak Kamis 16 Januari 2020 hingga Jumat 17 Januari 2020. Banjir bandang yang terjadi pagi hari itu, merusak dua unit rumah, satu unit bengkel dan menghanyutkan 1 unit mobil dan motor warga sekitar.

Hingga kini, petugas BPBD gabungan masih melakukan pembersihan di lokasi yang terdampak banjir bandang. Pihaknya meminta agar masyarakat di lokasi rawan bencana tetap waspada, karena cuaca wilayah Sumbar masih terbilang ekstrem.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumbar menetapkan status siaga tanggap darurat bencana banjir bandang dan longsor. Status itu ditetapkan melalui surat keputusan (SK) Gubernur Sumbar nomor 360-975-2019 tertanggal 22 Desember 2019.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman, mengatakan, penetapan siaga dan tanggap darurat ini mulai berlaku sejak 20 Desember 2019 hingga 28 Februari 2020.

"Penetapan berdasarkan perkiraan cuaca BMKG yang menginformasikan wilayah Sumbar akan dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi hingga sekitar akhir bulan Februari," katanya. []

Berita terkait
Unand Rancang Mesin Tingkatkan Harga Gambir Sumbar
LPPM Universitas Andalas (Unand) Padang, merancang mesin untuk peningkatan nilai jual gambir di Sumatera Barat.
Bupati Agam Tebar Spanduk Menuju Pilgub Sumbar 2020
Bupati Agam, Indra Catri, mulai tebar pesona lewat spanduk dan baliho menuju Pilgub Sumatera Barat 2020.
Tarif Prostitusi Online Libatkan Pelajar di Padang
Tarif prostitusi online yang melibatkan dua orang pelajar di Padang, Sumatera Barat, Rp 500 ribu sekali kencan.
0
Harapan Keluarga Korban Underpass Kulur Kulon Progo
Dua meninggal dunia usia tenggelam di underpass di Kulon Progo. Keluarga korban minta underpass dinormalisasi agar kejadian serupa tak terulang.