UNTUK INDONESIA
Tak Jelas, Nasib PSM Makassar di AFC Cup Musim 2021
Piala AFC 2020 batal dilanjutkan karena pandemi Covid-19. PSM Makassar belum bisa pastikan mereka tetap berlaga di Piala AFC 2021 atau tidak.
Piala AFC 2020 batal dilanjutkan karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Namun PSM Makassar belum bisa pastikan apakah mereka tetap berlaga di Piala AFC 2021 atau tidak. Tampak PSM di pertandingan Liga 1. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Piala AFC 2020 (AFC Cup) akhirnya batal. Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan penurunan mengakibatkan kompetisi kasta ke-2 Asia ini tak dilanjutkan. Namun belum diketahui bagaimana posisi klub-klub peserta, termasuk PSM Makassar, di Piala AFC 2021. Apakah PSM tetap bisa berlaga di kompetisi itu atau justru menunggu hasil kompetisi musim 2020 ini.  

PSM masih menunggu regulasi yang ditetapkan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) untuk Piala AFC 2021. Ini menyangkut posisi wakil Indonesia, Bali United dan PSM, yang mengikuti kompetisi itu. 

Penjelasan dari Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim pihak klub belum mendapat informasi resmi. Menurut dia AFC bakal menyampaikan kepada klub mengenai status peserta yang mengikuti kompetisi itu musim berikutnya. 

Bila akhirnya PSM tidak menjadi peserta di Piala AFC 2021 karena persyaratan didasarkan hasil dari kompetisi, kami legowo saja

"Kami masih belum mendapat informasi resmi soal itu. Apakah PSM akan kembali mengikuti Piala AFC 2021 dengan melanjutkan keikutsertaan pada musim 2020 yang dibatalkan atau mulai dari awal yaitu didasarkan hasil liga musim ini," kata Sulaiman. 

Menurut Sule, sapaannya, PSM akan menerima setiap keputusan dari AFC terkait keikutsertaan di kompetisi itu. Termasuk bila AFC menetapkan peserta di kompetisi musim lalu tidak berhak lagi tampil di Piala AFC bila tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan. 

"Bila akhirnya PSM tidak menjadi peserta di Piala AFC 2021 karena persyaratan didasarkan hasil dari kompetisi, kami legowo saja," ujar Sule.

Di Piala AFC 2020, PSM berada di Grup H bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya FC (Filipina) dan Shan United (Myanmar). Semua tim telah melakoni 3 pertandingan sebelum dihentikan karena pandemi.

Baca juga: 

Ini Hasil Swab Test 13 Pemain PSM Makassar

Ternyata, 15 Pemain PSM Makassar Diincar Klub Liga 2

PSM memulai laga di babak penyisihan dengan kekalahan 2-1 dari tuan rumah Tampines Rovers. Selanjutnya, Pasukan Ramang menang atas Shan United dan ditahan Kaya FC Ilolo ada 2 pertandingan tandang. 

Namun Piala AFC kemudian dihentikan sehingga PSM sepenuhnya fokus di Liga 1. Di kompetisi domestik, PSM belum terkalahkan. Mereka menang 2-1 atas PSS Sleman. Selanjutnya, tim asuhan Bojan Hodak bermain imbang 1-1 melawan Persita Tangerang dan Barito Putera. []

Berita terkait
Pemain PSM Makassar Tak Sabar Latihan Bareng Tim
PSM Makassar belum memulai latihan meski kompetisi Liga 1 tinggal beberapa pekan lagi. Para pemain pun tak sabar ingin segera berlatih kembali.
Pemain PSM Makassar Senang Piala AFC Batal Digelar
Pemain PSM Makassar menerima dengan senang hati penundaan Piala AFC Cup 2020.
AFC Cup Dihentikan, PSM Makassar Fokus di Liga 1
Akibat pandemi Covid-19, Federasi sepak bola Asia, AFC mengumumkan menghentikan AFC Cup musim 2020.
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.