UNTUK INDONESIA
Suplemen Astaxanthin Ampuh Kuatkan Imunitas Tubuh
Suplemen yang mengandung astaxanthin ternyata ampuh menguatkan imunitas tubuh. Sehingga, suplemen ini baik dikonsumsi di masa pandemi Corona.
Ilustrasi Suplemen. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Suplemen yang mengandung astaxanthin ternyata ampuh menguatkan imunitas tubuh. Sehingga, suplemen ini sangat baik dikonsumsi di masa pandemi Corona. 

"Astaxanthin merupakan salah satu karotenoid, yaitu pigmen alami yang menyebabkan tanaman atau hewan memiliki warna merah. Pigmen ini terdapat pada beberapa jenis alga dan hewan air, seperti salmon, udang dan lobster," ujar Dokter Spesialis Alergi-imunologi, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis saat webinar melalui video conference Zoom bersama ASTHIN beberapa waktu lalu. 

Zat astaxanthin ini bersifat antioksidan sehingga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung mata, kulit, mengurangi peradangan, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, suplemen astaxanthin juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri otot, rheumatoid, arthritis, degenerasi makula, keriput, dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Dalam sebuah penelitian pada 2007 menyebutkan astaxanthin terbukti 6.000 lebih kuat dibandingkan vitamin C. Bahkan, 800 lebih kuat dari CoQ10 dan 550 kali lebih kuat dari teh hijau, serta 75 kali lebih kuat dari asam alpha lipoic dalam melawan radikal bebas.

"Uji klinis membuktikan bahwa konsumsi astaxanthin dapat meningkatkan sub-populasi sel limfosit T dan limfosit B yang merupakan sel tubuh yang bertanggung jawab terhadap imunitas tubuh. Oleh sebab itu, sangat bermanfaat apabila kita mengonsumsi suplemen yang mengandung astaxanthin," Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, dr. Michael Reo.  

Dengan keefektifan astaxanthin ini terbukti sangat baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan imun tubuh dan melindungi sel-sel dari radikal bebas yang bisa merusak fungsi sel tersebut. Jika mengonsumsi suplemen astaxanthin, pastikan Anda membaca aturan pemakaian dan ikuti petunjuknya. 

Disarankan menyimpan suplemen di dalam suhu ruangan untuk mencegah adanya paparan sinar matahari. Bila sangsi mengonsumsinya, sebaiknya Anda komunikasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keampuhan suplemen astaxanthin tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
7 Syarat Olahraga untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ketika berolahraga penting untuk memperhatikan beberapa syarat agar hasilnya lebih optimal. Dengan begitu, kesehatan tubuh tetap terjaga.
Waspadai, Makanan yang Dapat Turunkan Imunitas Tubuh
Pada masa pandemi Corona konsumsi makanan sehat sangat penting. Namun pastikan makanan tersebut tidak menurunkan imunitas tubuh.
Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Cegah Corona
Virus Corona sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Berikut Tagar berikan Tips meningkatkan imun tubuh.
0
Suplemen Astaxanthin Ampuh Kuatkan Imunitas Tubuh
Suplemen yang mengandung astaxanthin ternyata ampuh menguatkan imunitas tubuh. Sehingga, suplemen ini baik dikonsumsi di masa pandemi Corona.