5 Manfaat Tidur Cukup bagi Kesehatan Tubuh

Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang pasti dilakukan semua orang. Dengan tidur, kamu dapat meningkatkan energi.
Ilustrasi orang tidur (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang pasti dilakukan semua orang. Dengan tidur, kamu dapat meningkatkan energi yang akan digunakan di hari berikutnya. Waktu tidur yang cukup memang sangat berperan penting pada kinerja kita sehari-hari.

Kurang tidur jga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Menjaga tubuh untuk tidur sesuai waktu yang dibutuhkan adalah hal yang penting, setidaknya 7-8 jam sehari. Berikut adalah manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh.


1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kamu sedang sakit, pasti selalu dianjurkan untuk istirahat atau tidur. Hal tersebut dilakukan karena ketika kamu tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa tersebut memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan peradangan dan infeksi.


2. Meningkatkan Suasana Hati

Seseorang yang mendapatkan istirahat cukup dapat membuat tubuh lebih segar dan meningkatkan suasana hati serta energi. Orang yang tidak cukup tidur akan lebih mudah marah, sulit berkonsentrasi, dan mengalami stress serta depresi. Selain itu, kurangnya tidur juga membuat kamu malas melakukan sesuatu.


3. Mengendalikan Nafsu Makan

Saat tidur, kalori dalam tubuh akan berkurang karena minimnya pergerakan yang menyebabkan kebutuhan energi menurun. Selain itu, saat tidur juga organ otak menurunkan kadar leptin, yaitu hormone yang menciptakan rasa kenyang. Sehingga membuat tubuh lebih mudah lapar.


4. Mempertajam Ingatan

Sering lupa atau pikun juga merupakan faktor dari kurangnya jam tidur. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa saat tidur, otak mengolah dan memperkuat ingatan yang pernah kamu lakukan sepanjang hari. Oleh sebab itu kurangnya jam tidur dapat menyebabkan kepikunan.


5. Memperpanjang Umur

Tidak hanya penyakit yang mempengaruhi harapan hidup seseorang, namun kurang tidur juga dapat mempengaruhi hal demikian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12%.


6. Tubuh Lebih Sehat

Jam tidur yang kurang dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh, seperti ginjal, stroke, jantung, hipertensi, diabetes, stres, dan detak jantung tidak teratur. 

Tidur yang cukup juga dapat mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengatur tingkat glukosa dan gula darah. Kurang tidur menyebabkan kadar gula darah kita lebih tinggi dari biasanya.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Macam Buah yang Bisa Perbaiki Kualitas Tidur
Kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi aktifitas Anda sehari-hari.
Punya Gangguan Saat Tidur? Coba Tips yang Satu Ini
Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian. Mungkin ini bisa menjadi trik agar tidur lebih nyenyak.
Mengapa Banyak Pasutri di Jepang yang Tidur Terpisah?
Ini tidak menandakan ada suatu masalah dalam hubungannya, tapi merupakan sesuatu yang dipercaya berdampak baik pada mereka.
0
5 Manfaat Tidur Cukup bagi Kesehatan Tubuh
Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang pasti dilakukan semua orang. Dengan tidur, kamu dapat meningkatkan energi.