Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan warna kulit bijinya, kacang ini memiliki beberapa jenis, yaitu kedelai hijau, kuning, hitam, dan cokelat.
Kacang Kedelai (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Di balik bentuknya yang kecil, manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh rupanya begitu besar. Hal ini dikarenakan kacang kedelai mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Kacang yang memiliki nama latin Glycine max ini populer karena dapat diolah menjadi berbagai macam panganan, mulai dari tahu, tempe, susu, kecap, tauco, terigu, hingga minyak.

Berdasarkan warna kulit bijinya, kacang ini memiliki beberapa jenis, yaitu kedelai hijau, kuning, hitam, dan cokelat.

Di Indonesia sendiri, jenis yang paling banyak ditanam adalah kedelai yang berwarna kuning dan hitam.


1. Kaya Akan Asam Amino

Kacang kedelai dapat Anda temukan di berbagai macam bentuk olahan, seperti tahu, tempe, tepung kedelai, atau bahkan minyak kedelai. Bahan-bahan dari olahan kacang kedelai ini tentunya dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Kacang kedelai juga mengandung semua jenis asam amino esensial yang memberi manfaat kesehatan. Asam amino esensial adalah jenis yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, tetapi tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Alhasil, Anda memerlukan asupan tambahan dari makanan sehari-hari, seperti kedelai atau makanan olahan lainnya. Kandungan protein dalam kacang ini berfungsi sebagai pengganti protein dari sumber hewani, seperti daging sapi, unggas, dan telur.

Jadi, kacang kedelai adalah salah satu alternatif asupan protein yang baik bila Anda ingin mengurangi konsumsi daging. Sebaiknya, pilih produk olahan kedelai utuh yang kaya serat dan protein sehingga bisa dicerna perlahan oleh tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda bisa makan camilan dengan kandungan kacang kedelai sekitar 2 jam sebelum makan besar guna membantu mengurangi asupan karbohidrat berlebih ataupun kalap saat makan.


2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Berkat kandungan tersebut, kacang kedelai bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa pola makan sehat yang memadukan asupan kacang kedelai, terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang pada lansia (osteoporosis).


3. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dikarenakan kacang kedelai memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.


4. Memelihara kesehatan organ tubuh

Tingginya kandungan kalium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat menjadikan kacang kedelai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, kacang kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Tak hanya baik untuk jantung, kacang kedelai juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ lain, seperti otak dan ginjal, dan memastikan organ tersebut berfungsi dengan baik.


5. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat kacang kedelai yang juga cukup penting adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Hal ini berkat kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon yang banyak terdapat di dalam kacang kedelai. Kedua zat tersebut diketahui baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker prostat.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Mudah Membuat Urap Kacang Panjang Lezat
Kacang panjang bisa diolah menjadi berbagai hidangan salah satunya urap. Berikut resep membuat urap kacang panjang.
Jual Kacang dan Hotdog di Stadion, Tom Hanks Bangkrut?
Tom Hanks akan menjual kacang dan hotdog di stadion. Apakah Hanks mulai jatuh bangkrut dan menekuni kegiatannya sewaktu namanya belum bersinar?
Resep Camilan Lezat Olahan Kacang Hijau
Selain diolah langsung, kacang hijau juga bisa dikreasikan sebagai isian camilan menggugah selera. Berikut resep camilan yang berisi kacang hijau.
0
Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Berdasarkan warna kulit bijinya, kacang ini memiliki beberapa jenis, yaitu kedelai hijau, kuning, hitam, dan cokelat.