UNTUK INDONESIA
Stok Masker di Puskesmas Abdya Aceh Cukup Tiga Bulan
Dinkes Abdya Aceh memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.
Kepala Dinkes Abdya, Safliati di ruang kerjanya. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Kelangkaan masker di apotek-apotek besar pusat kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh tidak berdampak pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Abdya. Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.

"Kalau normal, stok kita aman sampai Mei mendatang," kata kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya, Safliati, Rabu, 4 Maret 2020 di Aceh Barat Daya.

Kalau normal, stok kita aman sampai Mei mendatang.

Selain digunakan untuk Puskesmas, kata Ati, stok masker yang ada saat ini juga cukup untuk penumpang di Bandar Udara (Bandara) Kuala Batu, Desa Pulau Kayu Kecamatan Susoh, sebab, setiap penumpang setelah diperiksa akan diberikan masker gratis. "Setiap penumpang pesawat setelah pemeriksaan kita berikan masker, stok kita juga cukup untuk kebutuhan Bandara," kata Ati.

Ati menambahkan, stok masker yang saat ini digunakan pihaknya merupakan sisa stok kebutuhan tahun 2019 seraya menunggu kebutuhan tahun 2020 disauti. Adapun permintaan masker untuk seluruh Puskesmas di Abdya setiap tahunnya mencapai 300 ribu lembar.

"Sudah kami pesan untuk tahun 2020 melalui E-prosesing dengan sistem E-Katalog atau ke Distributor, namun hingga kini belum ada balasan," ujarnya.

Ditanya terkait kekurangan stok masker di apotek, Ati mengaku tidak bisa mengambil langkah apa-apa untuk saat ini, sebab, stok masker untuk kebutuhan tahun 2020 belum masuk dan sisa yang ada saat ini hanya cukup untuk bulan Mei saja.

"Dinkses Abdya tidak berani membagikan masker kepada massa, stok kita tahun ini belum masuk," kata Ati.

Sebenarnya, stok tahun 2019 itu cukup digunakan sampai bulan Agustus 2020, namun, karena beberapa bulan lalu sudah digunakan untuk massa pasca kabut asap yang terjadi di Riau dan Sumatera Utara, jadi stok saat ini cuma cukup untuk Mei dan tidak mungkin dibagikan. "Dulu sudah kita ambil juga untuk massa, jadi tidak sampai Agustus lagi," katanya. []

Berita terkait
Aceh Belum Miliki Laboratorium Cek Pasien Corona
Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang mengidap virus corona.
Masyarakat Aceh Singkil Diminta Beli Masker Sendiri
Untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat Aceh Singkil, Aceh diminta untuk membeli masker dengan biaya sendiri.
Corona, Wali Kota Banda Aceh Minta Masyarakat Tenang
Masyarakat Banda Aceh di minta untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya terkait isu corona.
0
Tokopedia Akui Data Penggunanya Dibobol Hacker
Platform belanja online Tokopedia membenarkan ada upaya pencurian data terhadap penggunannya oleh hacker. Untuk itu mereka sedang menginvestigasi.