UNTUK INDONESIA
Aceh Belum Miliki Laboratorium Cek Pasien Corona
Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang mengidap virus corona.
Pekerja medis bertugas di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 3 Maret 2020. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Lhokseumawe – Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia di Lhokseumawe, Aceh ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pasien yang positif mengidap virus Corona atau Covid-19.

Wakil Ketua Tim Penanganan Virus Corona Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia dr. Mukti mengatakan di rumah sakit tersebut saat ini belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang diduga mengidap virus corona.

Apabila ada pasien yang diduga mengidap virus corona maka sampelnya diambil, kemudian kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Aceh Utara, kemudian dilanjutkan dengan Dinas Kesehatan Aceh.

“Jadi ada alurnya, apabila ada pasien yang diduga mengidap virus corona maka sampelnya diambil, kemudian kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Aceh Utara, kemudian dilanjutkan dengan Dinas Kesehatan Aceh,” ujar dr.Mukti, Rabu, 4 Februari 2020.

Dr. Mukti menambahkan, nantinya Dinas Kesehatan Provinsi Aceh yang mengirimkan sampel itu ke Badan Litbangkes Kemeterian Kesehatan di Jakarta, kemudian setelah diperiksa baru diberitahukan hasilnya.

Meskipun demikian pihak rumah sakit tetap memberikan perawatan yang intensif kepada pasien yang diduga mengidap Virus Corona, sementara untuk persoalan obat-obatan sudah terpenuhi dengan baik.

“Untuk persoalan obat-obatan dan tenaga medisnya sudah terpenuhi dengan baik, bahkan Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia sudah siap menangani pasien yang mengidap virus tersebut,” tutur dr. Mukti.

Tambahnya, Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia telah menyediakan tiga ruangan isolasi bagi pasien Corona, setiap ruangan itu hanya bisa ditempati oleh satu orang dan mendapatkan pengawasan khusus.

“Apabila ada pasien yang mengidap Corona maka pihak rumah sakit memberikan perawatan yang intensif, serta mendapatkan pengawasan khusus,” kata dr. Mukti. []

Berita terkait
Masyarakat Aceh Singkil Diminta Beli Masker Sendiri
Untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat Aceh Singkil, Aceh diminta untuk membeli masker dengan biaya sendiri.
Corona, Wali Kota Banda Aceh Minta Masyarakat Tenang
Masyarakat Banda Aceh di minta untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya terkait isu corona.
Corona Masuk Indonesia, Dokter di Aceh Siaga
IDI Aceh wajib mengawal seluruh masyarakat agar tidak terjangkit virus corona.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.