UNTUK INDONESIA
Masyarakat Aceh Singkil Diminta Beli Masker Sendiri
Untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat Aceh Singkil, Aceh diminta untuk membeli masker dengan biaya sendiri.
Pedagang menata masker yang dijual di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 28 Februari 2020. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Singkil - Setelah pemerintah menyatakan dua orang positif terjangkit wabah virus Corona atau Covid-19, sejumlah rumah sakit di daerah mulai waspada dan masyarakat dianjurkan untuk memakai masker bila bepergian dan keluar dari rumah.

Memakai masker merupakan salah satu cara untuk menghindari kontak langsung virus yang sudah ditetapkan Menteri Kesehatan, bahwa Covid-19 sebagai wabah atau Kasus Luar Biasa (KLB).

Apabila keluar dari daerah Aceh Singkil, mohon memakai masker dengan biaya sendiri dulu.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Erwin mengatakan, dari awal merebaknya di negara tirai bambu kasus luar biasa Covid-19 itu, pihaknya sudah mensosialisasikannya melalui media elektronik radio terus menerus.

"Selama keputusan presiden Jokowi ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Covid-19 baru-baru ini, pihak dinas kesehatan dan Rumah-rumah sakit mewaspadai dan mengantisipasi agar jangan masuk ke daerah-daerah, khususnya daerah kita," kata Erwin kepada Tagar, Rabu 4 Maret 2020.

Jadi, kata Erwin, pihak pemerintah Provinsi Aceh menegaskan dinas kesehatan kabupaten dan kota, tetap mewaspadai KLB virus Corona. Kebutuhan untuk mewaspadai penyakit menular itu, tentu membutuhkan masker pelindung pernafasan, namun faktanya hampir seluruh penjuru tanah air kehabisan stok dan tahun ini tidak ada pengadaan masker.

"Tidak ada stok penyediaan masker di seluruh Kabupaten/Kota Indonesia karena kemungkinan diborong untuk di bawa keluar," katanya.

Sehingga sambung Erwin, upaya lain untuk solusi mewaspadai virus menular itu kepada masyarakat Aceh Singkil. "Apabila keluar dari daerah Aceh Singkil, mohon memakai masker dengan biaya sendiri dulu," katanya.

Selain itu jaga kondisi kesehatan fisik, seperti bila beraktivitas di lapangan terbuka, hindari curah hujan dan pada malam hari gunakanlah pelindung yang tebal, untuk menghindari suhu dingin berlebih. "Sehingga dengan kondisi tubuh tetap fit, imunitas kuat, kondisi tubuh seseorang itu tidak mudah kena penyakit," katanya. []

Berita terkait
Corona, Wali Kota Banda Aceh Minta Masyarakat Tenang
Masyarakat Banda Aceh di minta untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya terkait isu corona.
Sudah Dua Bulan Masker Kosong di Abdya Aceh
Sejak dua bulan terakhir penjualan masker mulai kosong di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. Masyarakat mulai mengeluh.
Corona Masuk Indonesia, Dokter di Aceh Siaga
IDI Aceh wajib mengawal seluruh masyarakat agar tidak terjangkit virus corona.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya