UNTUK INDONESIA
Stadion Tak Selesai, PSIS Semarang Pindah ke Kendal
PSIS Semarang belum bisa memakai Stadion Jatidiri karena renovasinya tertunda akibat pandemi Covid-19. PSIS pun akan memindahkan laga ke Kendal.
PSIS Semarang akan memakai Stadion Kebondalem, Kendal, saat kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali. PSIS memindahkan laga ke Kendal karena belum bisa memakai Stadion setelah renovasi tahap akhir mengalami penundaan. (Foto: Tagar/Yulianto)

Semarang - PSIS Semarang masih harus menunggu lebih lama untuk untuk bisa menggunakan Stadion Jatidiri. Pandemi Covid-19 mengakibatkan berhentinya proses renovasi pembangunan stadion milik Pemprov Jateng tersebut. PSIS pun merencanakan memindahkan laga ke Kendal.

PSIS tak lagi memakai Stadion Jatidiri, Semarang, selama 3 musim terakhir saat mengarungi kompetisi Liga 1. Termasuk di Shopee Liga 1 2020, PSIS masih bermain di Magelang dan menggunakan Stadion Moch. Soebroto untuk menjamu lawan-lawannya. 

Hanya, PSIS baru sekali bermain di Magelang saat menang 2-0 atas Arema FC. Ini menjadi laga home pertama sekaligus terakhir Mahesa Jenar sebelum dihentikannya kompetisi karena virus corona.

Kalau belum bisa menggunakan Stadion Jatidiri, kami jauh-jauh hari sudah mempersiapkan Stadion Kebondalem sebagai kandang alternatif

PSIS sesungguhnya berharap segera menggunakan Stadion Jatidiri. Apalagi bila berjalan sesuai jadwal, pembangunan tahap V atau final stadion kebanggaan Jawa Tengah ini bisa terlaksana tahun 2020 ini. 

Dengan demikian stadion yang akan menampung 25-30 ribu penonton ini siap digunakan pada akhir 2020 atau awal 2021. Namun, renovasi tahap akhir terancam tertunda karena adanya rasionalisasi anggaran oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola Stadion Jatidiri. Ini merupakan imbas dari Covid-19. 

Bila pengerjaan renovasi tahap akhir mengalami penundaan, tentu akan menjadi kabar tidak mengenakkan bagi PSIS. Pasalnya, klub kebanggaan Panser Biru dan Snex tersebut berhasrat untuk bisa segera kembali ke Stadion Jatidiri."Sepertinya memang terkena rasionalisasi (renovasi stadion tahap terakhir)," ujar Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispora dan Pariwisata Jawa Tengah, Prambudi Trajutrisno di Semarang, Senin 27 April 2020.

Bila pengerjaan renovasi tahap akhir mengalami penundaan, tentu akan menjadi kabar tidak mengenakkan bagi PSIS. Pasalnya, klub kebanggaan Panser Biru dan Snex tersebut berhasrat untuk bisa segera kembali ke Stadion Jatidiri.

Meski demikian penundaan renovasi ini dimaklumi Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya. Apalagi saat ini di setiap daerah terfokus pada penanganan Covid-19. Tak sedikit anggaran yang dialihkan untuk pemberantasan pandemi. 

Menurut dia pihak sudah melakukan antisipasi bila belum bisa menggunakan Stadion Jatidiri dengan pindah ke Kendal. PSIS telah menyiapkan Stadion Kebondalem di Kendal sebagai home base alternatif PSIS bila Liga 1 digulirkan kembali.

"Kalau belum bisa menggunakan Stadion Jatidiri, kami jauh-jauh hari sudah mempersiapkan Stadion Kebondalem sebagai kandang alternatif," kata Yoyok Sukawi sapaan akrabnya. 

Menurut dia, klub juga sudah melakukan perbaikan sehingga stadion itu memenuhi persyaratan untuk digunakan pertandingan Liga 1. PSIS memilih bermain di Kendal dengan pertimbangan lebih dekat dibandingkan bila bermain di Magelang.

"Kami perbaiki Stadion Kebondalem dengan biaya mandiri. Kami ingin PSIS bisa dekat dengan Semarang saat bermain di kandang sendiri," kata Yoyok memungkasi. 

Kompetiti sepak bola nasional dihentikan untuk sementara waktu karena pandemi Covid-19. Liga baru bisa digulirkan kembali pada akhir Mei atau awal Juni. Namun itu juga masih menunggu kepastian dari pemerintah apakah masih dinyatakan sebagai bencana nasional atau tidak. []

Berita terkait
PSIS Semarang Belum Pikirkan Liga Diganti Turnamen
PSIS Semarang belum mendapatkan informasi dari PSSI terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 2020. Begitu pula rencana mengganti liga dengan turnamen.
Berat Badan Naik, Pemain PSIS Didenda Rp 5 Juta
Pemain PSIS Semarang tetap menjalani latihan mandiri selama liburan. Bila berat badannya naik lebih dari 1 kg, pemain didenda Rp 5 juta.
Tim Tak Komplet, PSIS Semarang Latihan Tertutup
PSIS Semarang kembali menjalani latihan meski secara tertutup selama libur kompetisi Shopee Liga 1 2020. Namun tidak semua pemain hadir latihan.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.