Innalillahi, Anggota DPRD Kendal Meninggal Tertabrak KA

Seroang anggota DPRD Kendal meninggal dunia setelah tertabrak kereta api. Korban lagi gowes dan terobos palang pintu perlintasan.
Perlintasan sebidang lokasi anggota DPRD Kendal meninggal dunia tertabrak kereta api, Sabtu, 27 Februari 2021. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Kabar duka datang dari DPRD Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Salah satu anggota Dewan bernama Muhammad Thohir meninggal dunia tertabrak Kereta Api (KA) Joglosemarkerto saat lagi gowes, Sabtu, 27 Februari 2021.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang Krisbiyantoro membenarkan kejadian KA Joglosemarkerto tertemper seorang pesepeda di Kendal. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 09.22 WIB di perlintasan sebidang Kalibendo, Kecamatan Kaliwungu. 

"Di Km 17+9/0 JPL 24, petak jalan Mangkang - Kaliwungu terjadi kecelakaan lalu lintas, KA Joglosemarkerto dengan lokomotif CC 2018325 ditemper pengguna jalan bersepeda," tutur dia.

Menurut Krisbiyantoro, informasi yang didapat dari masinis Joglosemarkerto menyebutkan saat kejadian pintu perlintasan sebenarnya sudah tertutup. Namun, korban tetap mengayuh pedal sepeda dan menerobos palang pintu hingga akhirnya tertabrak kereta api.

Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menaati rambu rambu lalu lintas termasuk rambu di perlintasan sebidang kereta api.

tertabrak kereta apiKondisi sepeda korban usai tertabrak kereta api di perlintasan sebidang di Kendal. (Foto: Tagar/Istimewa)

Kronologi singkatnya, korban diketahui gowes dari arah selatan hendak menyeberang perlintasan sebidang di Kalibendo. Petugas perlintasan sudah menutup palang karena akan ada dua kereta api yang melintas. 

Dua kereta api itu adalah KA 189 Joglosemarkerto dari arah utara dan KA barang 2704 dari arah selatan. Tak disangka, korban tetap menerobos palang pintu yang sudah tertutup. 

"Sebagian pengguna jalan sudah mengingatkan dengan berteriak dan KA juga sudah memberi semboyan suling lokomotif dari kejauhan tapi korban tidak menghiraukan akhirnya menemper KA 189 Joglosemarkerto yang sedang melaju," beber dia.

Akibat benturan tak imbang itu, korban terpental ke sisi rel dalam kondisi tak sadarkan diri. Ia mengalami luka cukup parah di bagian kepala dan sejumlah badan lainnya. Sedangkan sepedanya patah jadi dua. 

Petugas KAI dan warga kemudian menghubungi polisi dan petugas medis. Sayang, nyawanya tak tertolong saat tiba di RS Darul Istiqomah. Jenazahnya kemudian dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan. 

"Usai kecelakaan, masinis izin berhenti di Stasiun Kaliwungu untuk pemeriksaan rangkaian KA-nya, dan menyerahkan pelaporan," ujar Krisbiyantoro.

Baca juga: 

Muhammad Thohir diketahui merupakan legislator Kendal asal Partai Persatuan Pembangunan. Pagi jelang siang itu ia bermaksud pulang ke rumahnya di Dukuh Ngebum RT 7 RW 4, Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu Utara, usai bersepeda. 

Krisbiyantoro menghimbau masyarakat pengguna jalan untuk menaati aturan berlalu lintas, khususnya saat hendak melewati perlintasan sebidang. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menaati rambu rambu lalu lintas termasuk rambu di perlintasan sebidang kereta api. Selamat perjalanan kereta api, selamat pula pengguna jalan," imbuh dia. []

Berita terkait
Wanita Meninggal Mengenaskan Tertabrak Kereta Api di Sleman
Perempuan tanpa identitas meninggal dengan mengenaskan setelah tertabrak KA Argolawu di Sleman, Yogyakarta. Begini ciri dan kondisinya.
Mobil Tertabrak Kereta di Grobogan, 2 Warga Demak Selamat
Kecelakaan kereta api dengan mobil terjadi di perlintasan di Grobogan. Dua warga Demak selamat setelah keluar dari mobil.
Pria di Grobogan Bunuh Diri Telentang di Rel Kereta Api
Seorang pria di Grobogan bunuh diri dengan cara terlentang di tengah rel saat kereta api melintas. Korban meninggal dunia di tempat.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.