UNTUK INDONESIA
Siap Berkeringat, Santap Sambal Gunong Ruloeh Khas Aceh
Berbahan sederhana, sambal yang disantap mentah ini siap membuat penikmatnya bercucur keringat dengan rasa pedas, yang membuat ketagihan.
Gadis bernama Dara, sedang memperlihatkan sambal Gunong Ruloeh buatannya. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya di Provinsi Aceh, punya makanan khas berupa sambal legendaris warisan nenek moyang yang siap disantap tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Berbahan sederhana, sambal yang disantap mentah ini siap membuat penikmatnya bercucur keringat dengan rasa pedas, yang membuat ketagihan.

Oleh orang Aceh, sambal ini dinamakan sambal Gunong Ruloeh. Jika diartikan dengan bahasa Indonesia, Gunong, berarti gunung, Ruloeh berarti rusak.

Penyebutan nama itu, jika ditelusuri tidak terlepas dari kebiasaan warga Aceh zaman dulu menyantap sambal ini ketika membuka lahan di gunung dan saat bertamasya bersama sanak famili di lokasi wisata.

Sambal Gunong RuloehSambal Gunong Ruloeh (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Meski sudah di zaman milenial seperti sekarang ini, sambal khas Aceh ini masih sering dijadikan menu utama para ibu rumah tangga terutama di Aceh Barat Daya.

Tidak saja tersaji di meja makan masyarakat biasa, namun juga kerap ditemukan terhidang di meja makan para pejabat daerah setempat.

Bahan yang Dibutuhkan

Bagi para ibu yang ingin membuat dan mencoba sambel ini, tidak perlu harus mengeluarkan modal banyak, sebab hanya dibutuhkan kelapa tua, cabe rawit, bawang merah daun jeruk nipis, batang serai dan garam.

Sayur Rebus BeningSayur Rebus Bening. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Cara Pembuatan

Pembuatan sambal ini cukup mudah,

1. Parut secukupnya kelapa tua

2. Gilingan cabai rawit beserta bawang merah, daun jeruk dan batang serai hingga halus.

3. Campur bahan-bahan tadi ke dalam satu tempat dan diremas-remas hingga teraduk rata. Jika sudah, maka jadilah sambel itu dan siap untuk disantap.

Sambal ini, biasanya disantap dengan sayur rebus bening. Kadangkala, sambal dibuat saat sayur rebus yang berisikan daun ubi, daun kangkung, bayam dan jagung sedang direbus.[]

Berita terkait
Kuliner Festival Ramadan di Aceh Raup 1,3 Miliar
Festival Ramadan 2019 di kompleks Taman Budaya Aceh sejak 7-26 Mei memutar omzet penjualan bazar kuliner hingga Rp 1,3 miliar
Foto: Mengulas Kuliner Khas Aceh Warisan Indatu
Kanji rumbi merupakan salah satu kuliner khas Ramadan di Aceh, sekilas mirip dengan bubur ayam.
Kuliner Khas Kota Kelahiran BJ Habibie
Kota kelahiran Bj Habibie di Parepare Sulawesi Selatan menyimpan kesan yang menarik,melihat kota itu memiliki kuliner khas yang nikmat dan lezat.
0
Relawan Pasang Ribuan Spanduk Kawal Pelantikan Jokowi
Juru Bicara KPN Dedy Mawardi membenarkan pemasangan ribuan spanduk di sejumlah wilayah di Indonesia datang dari pihaknya.