UNTUK INDONESIA
Kuliner Khas Kota Kelahiran BJ Habibie
Kota kelahiran Bj Habibie di Parepare Sulawesi Selatan menyimpan kesan yang menarik,melihat kota itu memiliki kuliner khas yang nikmat dan lezat.
Roti Berre, kuliner khas Parepare, Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/@anthiq)

Jakarta - Mendengar kota Parepare, tentu mengingat nama Presiden RI ke-3 BJ Habibie, karena di kota itulah dirinya dilahirkan. 

Kota yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini, tentunya banyak menyimpan kesan yang menarik bagi para pengunjung, salah satunya makanan khasnya yang nikmat dan lezat. 

Berikut Tagar rangkumkan kuliner khas kota Parepare yang wajib untuk dicicipi oleh para pengunjung:

1. Roti Berre

Roti BerreRoti Berre, kuliner khas Parepare, Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/@anthiq)

Makanan ini menjadi favorit warga Parepare pada khususnya. Dalam bahasa Indonesia dinamakan Roti Beras. Sesuai namanya, roti ini berbahan dasar dari tepung beras yang dicampur dengan pisang.

Roti Berre sering dijumpai saat pagi hari. Sehingga, sangat cocok untuk menu sarapan bagi kebanyakan warga Parepare. Makanan tersebut lebih nikmat ditemani dengan secangkir teh hangat atau kopi. Namun, bisa juga dihidangkan bersama madu untuk menambah cita rasa manis roti tersebut agar semakin lezat. 

2. Kanre Santan

Kanre SantanKanre Santan, makanan khas Parepare, Sulawesi Selatan. (Foto: alfi2000.wordpress.com)

Jika berkunjung ke kota Parepare, jangan lupa mencicipi kanre santan. Kanre merupakan nasi yang dicampur dengan air santan dan dihidangkan bersama dengan aneka lauk yang tersedia.

Campuran santan ini membuat makanan tersebut menjadi beda dengan yang lain. Sehingga, bisa menambah selera makan para penikmatnya. Kanre ini biasanya disajikan bersama dengan ikan tuna goreng, nasu palekko (daging bebek yang diiris kecil-kecil), dan berbagai menu lainnya.

3. Kacipo

Kacipo, cemilan khas ParepareKacipo, cemilan khas Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Foto: 41a.net)

Kacipo merupakan cemilan kota Parepare yang biasanya sering ditemukan di banyak toko kue di kawasan tersebut. Bentuk kue ini mirip dengan onde-onde yang berukuran kecil. 

Kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih, sehingga membuat lidah selalu ketagihan dengan cemilan tersebut. Jajanan kering ini, terbuat dari tepung terigu dan wijen. Di daerah lain, Kacipo lebih dikenal dengan sebutan kue keciput. 

4. Baje’ Canggoreng

Baje Canggoreng, kuliner khas Kota Parepare, Sulawesi SelatanBaje Canggoreng, kuliner khas Kota Parepare, Sulaewesi Selatan. (Foto: resepdanmasakan.com)

Cemilan Parepare ini terbuat dari gula merah cair dan kacang tanah yang sudah disangrai. Kue ini juga mirip dengan kuliner amplang di Jawa Tengah

Cara pembuatannya juga cukup sederhana, setelah mencampur dua bahan tersebut, adonan diletakkan di atas loyang dibentuk bundar. Lalu, ditunggu hingga mengeras, setelah itu dibungkus. Bungkusnya bisa dengan daun pisang atau plastik.

Baje Canggoreng ini sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun sahabat, karena teksturnya yang padat dan tahan lama. Jangan takut dengan rasanya, pasti dijamin membuat ketagihan kalau sudah mencicip camilan satu ini.  

5. Roti Mantao

Roti Mantao, Kuliner Khas Kota ParepareRoti Mantao, Kuliner khas Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Foto: pesonanusantara)

Roti Mantao ini sudah menjadi salah satu cemilan khas di Parepare. Memang sekilas sangat mirip dengan bakpao. Makanan ini terbuat dari susu, gula, air, terigu dan ragi.  

Biasanya roti ini diisi dengan berbagai varian toping seperti cokelat, stroberi dan kacang. Kuliner ini mudah dijumpai di Parepare, dengan pilihan harga yang beragam. Jangan khawatir, di Parepare ini sudah tersebar pedagang roti Mantao. 

Kuliner ini bisa jadi pilihan bagi para pelancong ataupun wisatawan yang berkunjung ke kota Parepare. Karena selain mudah di dapat, makanan ini mampu membuat penikmatnya puas dan selalu ingat dengan kelezatannya.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tempat Kuliner yang Dikenal Horor
Belakangan ini sebuah tempat yang berkesan horor atau mistis menjadi buah bibir masyarakat, kini tidak hanya sebatas sebuah tempat kuliner saja.
Daging Kuda Kuliner Khas Jeneponto
Di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, daging kuda merupakan makanan favorit bagi masyarakat yang disajikan di setiap pesta atau acara kuliner
Singkong Nugget Pamekasan Bakal Jadi Trending Kuliner
Selain keripik, tape, dan timus, singkong ternyata juga bisa dibuat nugget. Bahkan, singkong nugget dari Pamekasan bisa menjadi trending kuliner.
0
20 Tahun Menjadi Guru, Badruddin Digaji Rp 300 Ribu
Setiap hari ia menempuh perjalanan ke sekolah sejauh dua kilometer, terkadang mengenderai sepeda motor atau mendayung sepeda ontel miliknya.