Sengit! Liverpool vs Manchester City Tuntas 2-2

Duel Liverpool vs Manchester City berlangsung sangat sengit. Saling berbalas gol, skor akhir adalah 2-2. Berikut ulasannya.
Momen Gol Phil Foden tadi malam vs Liverpool. (Foto: Tagar/Instagram/@premierleague)

Jakarta – Duel Liverpool vs Manchester City berlangsung sangat sengit. Saling berbalas gol, skor akhir adalah 2-2. Pada pertandingan pekan ketujuh yang dihelat di Anfield, Minggu, 3 Oktober 2021 malam WIB, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Liverpool unggul terlebih dahulu di menit ke-59 lewat gol Sadio Mane yang kemudian berhasil disamakan oleh Phil Fode di menit ke-69. Mohamed Salah berhasil membawa Liverpool memimpin lagi di menit ke-76 sebelum disamakan Kevin De Bruyne d menit ke-81.

Hanya menambah satu poin, Liverpool tergeser ke posisi dua klasemen sementara Liga Inggris dengan 15 poin, kalah satu poin dari Chelsea di puncak. Sementara, City di posisi ketiga dengan 14 poin.


Jalannya Pertandingan

Manchester CityMomen Gol Mohamed Salah tadi malam vs Man City. (Foto: Tagar/Instagram/@premierleague)


Manchester City langsung menguasai pertandingan sejak menit awal dan memaksa Liverpool untuk lebih banyak bertahan. City mencecar sisi kanan pertahanan Liverpool yang diiis James Milner.

Jack Grealish dan Phil Foden bergantian menyerang dari sisi tersebut. Pada menit ke-15, Grealish masuk ke pertahanan Liverpool dan langsung menembak tapi bisa diblok oleh Joel Matip.

Alisson Becker melakukan kesalahan pada menit ke-19 karena bola tendangannya malah jatuh ke Bernardo Silva. Silva langsung mengoper kepada Gabriel Jesus yang masuk ke kotak penalti, tapi berhasil dibendung oleh Joel Matip.

Dua menit kemudian, City mendapat kesempatan terbaiknya saat Bernardo Silva menggiring bola dari tengah lapangan untuk melewati empat pemain Liverpool sebelum mengirim umpan ke Foden di sisi kiri.

Foden punya ruang tembak tapi bola sepakannya bisa diamankan Alisson. Tiga menit kemudian, De Bruyne mendapat umpan dari Joao Cancelo dan langsung melepaskan tembakan keras yang masih melebar.

Pada menit ke-34, Kevin De Bruyne dalam posisi bebas menyambut umpan silang Phil Foden dari sisi kiri. Tapi, sundulan dari De Bruyne masih jauh ke atas gawang Liverpool.

Foden kembali jadi momok untuk Milner di sisi kanan ketika berhasil mendahuluinya usai menerima umpan panjang Ederson. Alisson dengan cepat menutup pergerakan Foden dan membuang bola.

Skor 0-0 menutup babak pertama. Masuk di babak kedua Liverpool mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Pada menit ke-49, peluang on target pertama didapat ketika Joel Matip memberikan umpan terobosan kepada Diogo Jota di depan kotak penalti. Jota memutar badan dan langsung menembak tapi bisa dihalau oleh Ederson.

Liverpool yang lebih agresif di babak kedua akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-59. Dari sisi kanan, Salah mengawali serangan balik cepat Liverpool.

Dia melakukan cut-inside sebelum mengirimkan bola terobosan kepada Mane yang langsung menembak ke gawang Ederson dari jarak dekat.

Gol itu membuat Liverpool makin bersemangat menekan City. Tapi, pertahanan yang terbuka membuat gawang Alisson kebobolan pada menit ke-69.

Kali ini Gabriel Jesus menggiring bola dari sisi kanan dan melewati beberapa pemain, sebelum mengirim bola ke sisi kiri yang ditempati Foden.

Foden yang lepas dari pengawalan James Milner menembak ke tiang jauh tanpa dapat dihalau Alisson. Setelah itu City memprotes keras keputusan wasit Paul Tierney yang tidak mengusir Milner usai melanggar Bernardo Silva dalam duel di sisi kanan.

Pep Guardiola pun marah-marah sehingga membuatnya di kartu kuning. Pada menit ke-76, Liverpool mengembalikan skor menjadi 2-1 lewat aksi yang brilian dari Salah.

Salah mendapat bola dari Jones di sisi kiri pertahanan City. Dikawal tiga pemain, Salah mampu berkelit dan melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh.

City yang tak mau menyerah mampun kembali menyamakan skor di menit ke-81. Lagi-lagi sisi kanan pertahanan Liverpool bolong saat Foden dibiarkan bebas menerima umpan lambung.

Foden mampu mengirim umpan silang yang bisa dihalau pertahanan Liverpool. Bola jatuh di kaki De Bruyne yang langsung menembak dengan kaki kirinya dan membentur Joel Matip sehingga mengecoh Alisson.

Fabinho nyaris mencetak gol saat Ederson melakukan kesalahan antisipasi sepakan bebas Liverpool di menit ke-86. Tinggal berhadapan dengan gawang kosong, bola tendangannya masih mampu di blok oleh Rodri.

Hingga pertandingan ini berakhir, Liverpool dan Manchester City tuntas dengan skor 2-2.


Susunan Pemain

Liverpool: Alisson Becker; James Milner (Joe Gomez 79’), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Curtis Jones; Mohamed Salah, Diogo Jota (Roberto Firmino 68’), Sadio Mane.

Manchester City: Ederson Moraes; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Rodri, Kevin De Bruyne; Gabriel Jesus, Phil Foden, Jack Grealish (Raheem Sterling 67’).

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
Liverpool dan Manchester City Bermain Imbang 2-2
Empat gol dan aksi end-to-end di 45 menit babak kedua yang mendebarkan di Anfield setelah kedudukan imbang di babak pertama
Jelang Big Mach Liverpool vs Manchester City
Rivalitas Liverpool dan City disebut justru menghidupkan sepak bola Inggris dengan gambaran cara Guardiola dan Klopp ambil alih Premier League
Prediksi Laga Porto vs Liverpool di Lanjutan Liga Champions
Porto akan menjamu Liverpool di Estadio do Dragao pada Rabu dini hari, Rabu, 29 September 2021 pada ajang lanjutan Liga Champions pekan ke-2.
0
Sengit! Liverpool vs Manchester City Tuntas 2-2
Duel Liverpool vs Manchester City berlangsung sangat sengit. Saling berbalas gol, skor akhir adalah 2-2. Berikut ulasannya.