Perjalanan Suporter Manchester City dan Chelsea ke Portugis

Suporter Manchester City dan Chelsea berharap bisa menonton langsung tim mereka di final Liga Champions, 29 Mei 2021, di Portugis
Final Liga Champions antara Manchester City dan Chelesea di Estadio do Dragao Porto, Portugis, 29 Mei 2021 (Foto: uefa.com)

Jakarta - Portugis telah mengumumkan bahwa turis Inggris dapat memasuki negara itu mulai Senin, 10 Mei 2021, tetapi belum jelas apa artinya bagi ribuan suporter liga Inggris, Manchester City dan Chelsea, yang berharap bisa menonton langsung tim mereka di final Liga Champions, 29 Mei 2021.

Berikut ulasan BBC Sport tentang harapan suporter Manchester City dan Chelsea.

1. Dimana Laga Final Dimainkan?

Acara pameran sepak bola klub Eropa ini awalnya dijadwalkan berlangsung di Istanbul. Namun, karena pembatasan perjalanan virus corona, laga telah dipindahkan ke Portugis. Estadio do Dragao Porto sekarang akan menjadi tuan rumah final pada 29 Mei 2021 pukul 20.00 BST British Summer Time) lebih lambat 6 jam dari WIB, sehingga laga pada 30 Mei 2021 pukul 02.00 WIB.

stadion final championsTempat final Liga Champions antara Manchester City dan Chelesea di Estadio do Dragao Porto, Portugis, 29 Mei 2021 (Foto: id.m.wikipedia.org)

Kapasitas penonton yang dikurangi akan diizinkan masuk ke stadion dengan 50.000 tempat duduk, dengan badan pengatur sepak bola Eropa UEFA (Union of European Football Associations) menyebut bahwa hanya 6.000 penggemar dari masing-masing klub yang akan diizinkan untuk hadir di lapangan.

Mengapa Laga Dipindahkan?

Dua hari setelah Chelsea mengalahkan Real Madrid di Stamford Bridge yang mengantarkan Chelsea ke pertandingan Liga Premier di final Liga Champions, Turki ditambahkan ke daftar merah negara Inggris di bawah sistem lampu lalu lintas baru pembatasan perjalanan.

Itu berarti setiap pelancong -dalam hal ini pemain, pelatih, staf klub, dan pendukung kedua klub- harus dikarantina di hotel selama 10 hari setelah mereka kembali.

Diskusi diadakan untuk memindahkan permainan ke Wembley, tetapi setelah tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai tentang pengecualian karantina untuk sponsor, VIP dan penyiar, UEFA mengumumkan pada hari Kamis, 13 Mei 2021, bahwa permainan tersebut akan dimainkan di Portugis.

piala liga championsTrofi Liga Champions (Foto: news.cgtn.com /CFP)

Portugis masuk dalam daftar hijau Inggris, yang memungkinkan pemain dan fans untuk hadir tanpa harus karantina saat pulang.

2. Bisakah Penggemar Hadir dan Bagaimana Caranya?

Memastikan kehadiran penggemar adalah kunci dalam keputusan UEFA untuk melaju ke final.

Saat mengumumkan pergantian tempat pada hari Kamis, 13 Mei 2021, UEFA mengatakan "Segala sesuatu perlu dilakukan untuk memastikan pendukung dari kedua tim finalis dapat hadir".

"Otoritas Portugis dan FPF (FA Portugis) turun tangan dan bekerja dengan cepat dan mulus dengan UEFA untuk menawarkan tempat yang cocok untuk final dan, karena Portugis adalah tujuan daftar hijau untuk Inggris, penggemar dan pemain yang menghadiri final tidak perlu dikarantina. saat mereka kembali ke rumah," kata pejabat UEFA.

Baik Chelsea maupun Manchester City mengatakan mereka sedang berdiskusi dengan UEFA dan pemangku kepentingan lainnya mengenai pengaturan tiket dan perjalanan.

3. Apa yang Dikatakan Portugis?

Dalam beberapa jam setelah peralihan, pemerintah Portugis menguraikan sejumlah aturan untuk mengunjungi penggemar, termasuk bahwa suporter harus terbang masuk dan keluar negara pada hari pertandingan dan mereka harus tetap berada dalam 'gelembung' saat berkunjung. .

Menteri Urusan Kabinet Portugis, Mariana Vieira da Silva, mengatakan pembatasan akan diberlakukan untuk memastikan tingkat Covid-19 tetap rendah di negara itu, di mana keadaan bencana telah diperpanjang hingga 30 Mei.

"Akan ada dua zona penggemar dan dari sana mereka akan dipindahkan ke stadion dan dari stadion ke bandara, berada di Portugis kurang dari 24 jam," kata da Silv.

Chelsea Supporters 'Trust menyebut situasi itu "lelucon", sementara Manchester City mengatakan di situs web mereka bahwa klub akan menawarkan "paket perjalanan perjalanan resmi sehari".

Namun, pada hari Jumat, 14 Mei 2021, Kementerian Luar Negeri Portugis mengumumkan wisatawan dapat memasuki Portugis mulai Senin, 17 Mei 2021, meskipun pengunjung harus menunjukkan tes negatif sebelum berangkat.

Sementara itu UEFA belum berkomentar setelah pembaruan itu, City mengatakan sedang berbicara dengan badan pengatur untuk mendapatkan "kejelasan."

4. Apakah Ini Semua Akan Terselesaikan?

Analisis dari Simon Stone dari BBC Sport

UEFA tentu berharap demikian. Keyakinan mereka adalah bahwa penggemar akan dapat bergerak lebih atau kurang bebas, itulah mengapa mereka merasa berani untuk memasukkan dalam pernyataan hari Kamis yang mengonfirmasi peralihan bahwa "setelah setahun dikunci dari stadion, UEFA berpikir bahwa segala sesuatu perlu dilakukan. untuk memastikan pendukung dari dua finalis bisa hadir ".

final championsFinal Liga Champions antara Manchester City dan Chelesea di Estadio do Dragao Porto, Portugis, 29 Mei 2021 (Foto: uefa.com)

Terbukti, jika suporter menjadi prioritas mutlak, pertandingan akan dipindahkan ke Wembley.

UEFA memiliki tuntutan lain, itulah sebabnya final tanpa sponsor, penyiar, dan pejabat sama tidak menyenangkannya dan mengapa Portugis dipilih sebagai rumah singgah.

Perjalanan sehari dengan pergerakan terbatas tidak terlalu menjual pengalaman penggemar dan UEFA berharap antara sekarang dan final, sikapnya berkurang.

Tidak ada jaminan tetapi perasaan itu akan terjadi. UEFA pasti akan berharap demikian karena sudah terlambat untuk mengubah rencana untuk kedua kalinya (bbc.com/sport/football). []

Berita terkait
Chelsea Taklukkan Madrid Ketemu City di Final Liga Champions
Lanjutan leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di kandang Chelsea, antarkan Chelsea ke fnal Liga Champions
Manchester City ke Final Liga Champions Tumbangkan PSG
Manchester City melangkah ke final Liga Champions setelah memastikan kemenangan agregat 4-1 atas Paris St-Germain (PSG) pada laga leg kedua
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.