Selain Dongkrak Stamina, Pisang Obat Diare Alami dan Ampuh

Di supermarket atau di mall, buah pisang mudah diperoleh. Selain dapat mendongrak stamina, pisang merupakan obat alami menyembuhkan diare.
Ilustrasi Pisang/ (Foto: Pixabay/_Alicja_)

Jakarta - Di supermarket atau di mall, buah pisang mudah diperoleh. Selain dapat mendongrak stamina, pisang merupakan obat alami menyembuhkan diare.

Pisang kaya akan kandungan serat seperti selulosa hemiselulosa. Serat itu membuat massa pada tinja bertambah sehingga meningkatkan pergerakan usus.

Memberikan energi instan untuk mengatasi rasa lemas akibat diare.

Konsultan senior sekaligus ahli gastroenterologi dari Rumah Sakit Dharamshila Narayana Superspeciality, Mahesh Gupta, mengatakan bahwa dalam buah pisang terdapat kalium yang tinggi sehingga membantu proses pencernaan menjadi normal.

"Pisang mengandung serat, dan juga sumber energi, gula dan natrium yang baik, kombinasi yang paling dibutuhkan selama diare. Kandungan ini membantu pasien menyerap garam dan air di usus besar, membuat tinja lebih padat," kata Gupta, dikutip dari Indian Express, Selasa 20 Oktober 2020.

PisangIlustrasi pisang (Foto: Pexels)

Senada dengan Gupta, Kepala ahli gizi klinis di Rumah Sakit Fortis Rajan Dhall, Seema Singh, mengatakan pisang merupakan makanan dengan residu rendah, membantu mengatasi rasa lemas dan dehidrasi yang bisa terjadi karena kehilangan terlalu banyak cairan dari tubuh.

"Pisang memberikan kalori dalam bentuk karbohidrat yang memberikan energi instan untuk mengatasi rasa lemas akibat diare," ujar Seema.

Penilaian yang sama juga datang dari ahli nutrisi dari Rumah Sakit Bathia, Zoya Fakhi. Ia mengatakan ketika mengonsumsi 100 gram pisang maka seseorang akan mendapatkan 116 kilo kalori.

Efeknya energi yang hilang karena diare dapat terisi kembali dengan mengkonsumsi pisang. Penelitian telah menunjukkan pektin, sejenis serat yang ditemukan dalam pisang mentah, menyerap kelebihan air dari usus dan membentuk tinja.

Ilustrasi PisangIlustrasi Pisang. (Foto: Pixabay/Couleur)

Singh mengatakan, mengkonsumsi pisang dengan sedikit dadih (susu fermentasi dari kerbau) adalah kombinasi tradisional yang mampu menyembuhkan diare. "Bisa dikonsumsi dua atau tiga kali tergantung frekuensi diare. Saat seseorang tidak bisa mengkonsumsi makanan normal karena diare, mereka dapat mengkonsumsi pisang yang dikombinasikan dengan dadih, nasi atau buah-buahan lain sesuai selera," tutur Fakhi.

Namun, sebelum mengonsumsi pisang, Gupta memperingatkan agar memastikan buah itu sudah matang karena jika belum masak atau masih hijau berpotensi melawan khasiatnya yaitu diare. 

Berita terkait
6 Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Bangun Tidur
Meskipun niat ingin membanjiri tenggorokan secepat kilat, ada jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah bangun tidur.
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.
5 Makanan Jangan Disantap Malam Jumat, Turunkan Gairah Seks
Jelang malam Jumat, pasutrai sebaiknya cegah mengonsumsi 5 makanan yang bisa turunkan gairah seks dan libido.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.