UNTUK INDONESIA
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.
Ilustrasi suporter sepak bola. (Foto: dok Leds)

Jakarta - Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik. Mereka tak ingin melewatkan klub favoritnya berlaga meski harus melihatnya pada dini hari. Karena acap kali sering terjaga, sebaiknya suporter sepak bola juga rutin mengonsumsi vitamin.

Pertandingan sepak bola memang bisa membuat fan si kulit bundar tetap terjaga, karena laga baru mulai pada pukul 22.00 WIB atau sampai 03.00 WIB. Itu terjadi karena perbedaan waktu antara Indonesia dengan pertandingan yang digelar di Eropa.

Akibat dari konsekuensi itu, suporter sepak bola menjadi kerap begadang. Padahal di satu sisi begadang tidak baik untuk kesehatan. Efek dari begadang bisa membuat tubuh Anda menjadi lemas, gangguan suasana hati, kehilangan fokus, hingga memicu stres.

Untuk mencegah efek begadang yang bisa dialami fan kulit bundar, berikut ini vitamin wajib bagi suporter fanatik sepak bola:

1. Vitamin D

Vitamin D bisa disebut juga sebagai vitamin sinar matahari. Fungsinya dapat membantu untuk tulang agar menjadi kuat dan dapat menyerap kalsium dengan baik di tubuh Anda.

Untuk para suporter sepak bola vitamin D ini cocok bagi Anda karena khasiat vitamin D dapat mempengaruhi kualitas tidur dan bisa membuat tidur Anda menjadi nyenyak.

Vitamin D ini mudah sekali untuk didapatkan, seperti terpapar sinar matahari, dan mengkonsumsi makanan seperti ikan, telur, tahu, tempe, atau bisa juga Anda meminum suplemen yang dijual di pasaran.

Konvoi PersijaRibuan The Jak Mania mengiringi pemain dan offsial Persija Jakarta arak-arakan juara Liga 1 2018 Gojek bersama Bukapalapak dari Stadion Utama Gelora Bung Karno hingga Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (15/12).(Foto : Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

2. Vitamin E

Untuk melawan zat-zat beracun akibat begadang, mengkonsumsi vitamin E dapat memberikan perlindungan optimal untuk tubuh. Anda bisa mengkonsumsi vitamin E dengan memakan wortel, kiwi, alpukat, tomat, udang, dan kacang almond.

Bonek ManiaSuporter Persebaya Surabaya, Bonek Mania, tidak bisa memberi dukungan kepada tim kesayangan karena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Persebaya menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 8 Desember 2019. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres. Vitamin C bisa Anda temukan pada buah jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi dan nanas. Anda juga bisa menambahkan suplemen jika tidak menyukai makanan tersebut.

Aremania, AremaSalah satu suporter Aremania mengenakan kostum unik khas Singa pada laga pertandingan perempat final Piala Presiden 2019. Laga itu mempertemukan Bhayangkara FC melawan Arema FC, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2019). (Foto: Antara/Risky Andrianto/)

Baca juga:

4. Vitamin B

Vitamin B ini memiliki fungsi di dalam metabolisme tubuh terutama kualitas tidur. Ada beberapa jenis dari vitamin B, yaitu:

- Vitamin B3 [Niasin] berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur pada orang yang begadang.

- Vitamin B5 [Asam Pantotenat]. Anda yang suka begadang harus mengkonsumsi B5 karena orang yang suka begadang akan kehilangan vitamin B5.

- Vitamin B9 [Asam Folat] orang-orang yang suka begadang pasti akan kehilangan B9. Untuk itu Anda harus mengkonsumsi vitamin B9.

- Vitamin B1 [Cobalamin] berfungsi untuk mempromosikan siklus tidur yang normal.

Untuk memperkaya vitamin B ini Anda bisa memakan pisang, alpukat, ikan, gandum, kacang-kacangan dan telur. Anda juga bisa gunakan suplemen B.

Banner Kitorang SeduluranSlemania, suporter PSS Sleman, menyuarakan semangat persaudaraan dan menolak rasisme melalui Kitorang Seduluran di pertandingan Shopee Liga 1 2019 saat PSS melawan Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 19 September 2019. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

5. Vitamin A

Selanjutnya, Anda harus mengkonsumsi vitamin A. Vitamin A dipercaya untuk mencegah keringanan dan kelelahan pada mata. Anda bisa dapatkan pada telur, produk olahan dari susu, wortel dan tomat. (Niswatul Mahmudah)

Suporter Timnas IndonesiaSuporter Timnas Indonesia. (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Berita terkait
Diberi Semangat Tetap Malas, 7 Ancaman Kesehatan Mengintai
Sahabat dan kekasih sudah memberi semangat, siap-siap 7 masalah kesehatan ini mengancam jika malas tetap jadi kebiasaan.
Kenapa Pria Suka Merinding saat Kencing?
Saat pria buang air kecil, pernahkah merasakan sensasi merinding?
Penyangga Masker Hits, Boleh atau Tidak Dipakai Ini Kata Dokter
Menggunakan masker dalam rentan waktu tertentu membuat napas menjadi pengap. Menanggulanginya dengan penyangga masker, apa kata dokter?
0
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.