Manfaat Daun Pisang yang Jarang Diketahui Orang

Ada banyak manfaat daun pisang kering untuk ikan, seperti menjaga kesehatan, meningkatkan kesuburan hingga membantu pemulihan penyakit.
Daun Pisang (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Daun pisang di Indonesia bukan hal yang sulit ditemukan, salah satu fungsinya bahkan terkenal sebagai pembungkus kue pasar, nasi hingga menjadi alas makanan. Harga daun pisang yang terjangkau juga menjadi salah satu keuntungan. 

Kalau kamu masih ingat, harga bagian tumbuhan yang satu ini di negara lain sempat bikin heboh dan jadi viral di berbagai platform media sosial tahun lalu. Salah satunya di Jepang, harga lembar daun pisang per lembar tuh sampai Rp278 ribu.

Wajar jika daun yang satu ini banyak diincar apalagi terkenal dengan sejumlah kelebihan. Nah, sebagai orang Indonesia yang diuntungkan akan keberadaannya, yuk mulai sekarang kenali manfaat apa saja yang terdapat pada daun pisang. Terutama yang belum banyak diketahui banyak orang. Berikut ini manfaat daun pisang selain membungkus makanan.

Jenis daun pisang ada banyak macamnya seperti daun pisang batu, raja hingga kapok. Daun pisang untuk bungkus makanan mungkin sudah biasa, namun jika dijadikan media tanam di rumah belum banyak yang ketahui. 

Kamu bisa memanfaatkan daun pisang yang kering untuk mengurangi plastik. Selain itu, kandungannya seperti protein, hemiselulosa, dan lignin justru baik dimanfaatkan sebagai media budidaya jamur merang. Daun pisang sendiri bisa kamu gunaakan sebagai pengganti polybag.

Daun pisang kering bisa kamu manfaatkan sebagai pakan ternak ayam. Kandungan dalam tepung daun pisang kering kaya akan protein, lemak, serat dan nutrisi yang baik bagi pencernaan hewan. Selain itu dipercaya dapat memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan ayam petelur. 

Bukan hanya itu, bahan yang satu ini cocok dimanfaatkan untuk pakan hewan lain seperti sapi dan kambing. Daun pisang harganya pun terjangkau sehingga dapat memangkas perawatan hewan ternakmu.

Ada banyak manfaat daun pisang kering untuk ikan, seperti menjaga kesehatan, meningkatkan kesuburan hingga membantu pemulihan ikan yang terkena penyakit. Memang terbilang cukup unik namun sudah banyak yang buktikan sendiri. Selain ikan cupang, ikan jenis air tawar juga bisa manfaatkan cara yang satu ini.

Umumnya daun pisang yang kering hanya perlu dibersihkan dan dimasukkan ke dalam kolam atau wadah pembesaran burayak ikan cupang. Diyakini manfaatnya sebagai kesiapan bertelur bagi indukan cupang dan mampu meningkatkan warna ikan cupang jadi semakin cerah.

Siapa sang daun pembungkus pecel ini bisa mengobati luka bekas gigitan serangga beracun, gigitan lebah, laba-laba, ruam dan iritasi kulit. Daun pisang diketahui mengandung sejumlah polifenol, seperti epigallocatechin gallate atau EGCG yang biasa ditemukan pada teh hijau. 

Senyawa tersbeut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Antioksidan alami yang tinggi berfungsi untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

Itulah manfaat daun pisang yang jarang diketahui orang. Yuk manfaatkan selagi keberadaannya tak sulit ditemukan.[]

(Erlangga)


Baca Juga:

Berita terkait
Simak 6 Manfaat dari Minyak Zaitun Bagi Kesehatan
Zaitun adalah tanaman tradisional dari wilayah Mediterania yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.
Manfaat Exfoliasi pada Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Exfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati tampak membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Berikut manfaat lengkapnya.
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
0
Manfaat Daun Pisang yang Jarang Diketahui Orang
Ada banyak manfaat daun pisang kering untuk ikan, seperti menjaga kesehatan, meningkatkan kesuburan hingga membantu pemulihan penyakit.