UNTUK INDONESIA
Riwayat Tenaga Medis RS Tidar Magelang Positif Covid
Tenaga medis di RSUD Tidar Kota Magelang positif Covid-19, tertular dari pasien yang pernah berkontak dengan orang klaster Gowa.
Satu tenaga medis di RSUD Tidar Kota Magelang positif Covid-19. Sebelumnya ia merawat pasien tanpa gejala yang pernah kontak dengan warga yang pernah ke Ijtima Ulama di Gowa. (Foto: Humas Pemkot Magelang)

Magelang - Satu orang tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19. Ia diduga tertular dari seorang pasien yang belakangan ternyata positif terpapar corona.  

Tenaga kesehatan ini sempat merawat pasien di bangsal umum. Belakangan, pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang dr. Majid Rohmawanto mengatakan tenaga kesehatan tersebut berjenis kelamin laki-laki. “Tenaga kesehatan ini sempat merawat pasien di bangsal umum. Belakangan, pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19,” kata dia, Minggu, 3 Mei 2020.

Majid menuturkan tenaga medis dinyatakan positif setelah dilakukan uji swab pada Sabtu, 2 Mei 2020. Pascakeluarnya hasil uji swab, Majid mengaku akan secepatnya melakukan pemeriksaan, baik tenaga kesehatan lain di RSUD Tidar maupun orang-orang yang pernah melakukan kontak dengannya maupun dengan pasien yang positif.

"Jika dengan upaya tes cepat, pemeriksaan akan langsung dilakukan dengan tes polymerase chain reaction (PCR)," ujar Majid.

Majid menjelaskan lebih rinci riwayat tenaga kesehatan terpapar corona. Sebelumnya, ia sempat merawat pasien di bangsal umum. Pasien itu diketahui tidak memiliki gejala klinis khas mengarah ke Covid-19 sehingga dirawat di bangsal umum. Setelah membaik dan dinyatakan sehat, pasien dibolehkan pulang ke rumah.

Pasien baru diketahui membawa virus corona saat Dinkes Kabupaten Magelang melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang memiliki kontak dengan klaster Ijtima Ulama Gowa. Pasien tersebut salah satunya. Dari hasil pemeriksaan, pasien tersebut dinyatakan positif covid-19.

"Setelah mendapatkan informasi tentang status pasien, maka langsung dilakukan pemeriksaan terhadap tenaga kesehatan yang merawat pasien tersebut di RSUD Tidar," tutur Majid.

Majid menambahkan sejak pekan kemarin, Dinas Kesehatan intens melakukan tracking dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga Kota Magelang yang pernah ke Gowa. Namun upaya tersebut tidak mudah untuk dilakukan.

“Masih ada beberapa anggota keluarga dari klaster Ijtima Ulama Gowa saat ini menolak untuk diperiksa,” katanya.

Mengatasi hal itu, tenaga kesehatan Dinkes Kota Magelang harus melakukan pendekatan dan membujuk mereka agar mau menjalani tes.

Hingga Minggu, 3 Mei 2020, pukul 18.00 WIB, data Covid-19 di Kota Magelang diketahui ODP sebanyak 238 orang, PDP sebanyak 28 orang, dan konfirmasi positif 19 orang. []

Baca juga: 

Berita terkait
Pasien Positif Corona Asal Salaman Magelang Sembuh
Pasien positif virus corona di Kabupaten Magelang yang sembuh bertambah. Total ada tiga pasien, terbaru pasien asal Salaman.
20 PDP Covid Meninggal di Kabupaten Magelang
20 warga Kabupaten Magelang berstatus PDP meninggal, satu di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.
Lima Alumni Ijtima Gowa Tambah Kasus Corona Magelang
Dari 10 pasien baru positif corona Kabupaten Magelang, lima di antaranya pernah ke Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan.
0
Riwayat Tenaga Medis RS Tidar Magelang Positif Covid
Tenaga medis di RSUD Tidar Kota Magelang positif Covid-19, tertular dari pasien yang pernah berkontak dengan orang klaster Gowa.