UNTUK INDONESIA
Risiko Kebanyakan Makan Daging Sapi Saat Idul Adha
Idul Adha identik dengan berbagai hidangan berbahan dasar daging sapi. Namun, daging sapi nyatanya bisa membahayakan kesehatan tubuh.
Ilustrasi Daging Sapi. (Foto: Pixabay/Couleur)

Jakarta - Tak sedikit umat Muslim menyiapkan berbagai hidangan berbahan dasar daging sapi demi memeriahkan hari raya Idul Adha. Namun perlu diwaspadai, kebanyakan makan daging sapi nyatanya bisa membahayakan kesehatan tubuh sehingga bisa menimbulkan naiknya kadar kolesterol. 

Jadi Anda selalu diingatkan untuk berhati-hati ketika mencicipi berbagai olahan berbahan dasar daging sapi. Pastikan saat mengonsumsi makanan tersebut secara normal dan tidak berlebihan. Ini penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar ulas mengenai dampak buruk mengonsumsi daging sapi secara berlebihan saat Idul Adha.

1. Kadar Kolesterol Meningkat

Daging sapi memiliki kandungan lemak yang banyak, sehingga bisa menyebabkan kolesterol naik terlebih saat dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Ini tentu menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

2. Tubuh Dehidrasi

Tak sedikit penelitian mengatakan mengonsumsi daging sapi secara berlebihan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Jika kondisi ini terjadi pastinya ginjal akan menghasilkan urine lebih pekat karena terlalu banyak protein yang disimpan dalam tubuh. 

Dehidrasi yang dibiarkan begitu saja tentu mempengaruhi kesehatan kulit. Sehingga, kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Selain itu, dehidrasi bisa membuat nafsu makan meningkat, akibatnya risiko obesitas akan menghantui.

3. Sakit Kepala

Bila Anda makan daging sapi terlalu berlebih, kemungkinan besar akan menimbulkan sakit kepala. Ini disebabkan karena tubuh dehidrasi dan tekanan darah memuncak lantaran konsumsi makanan berlemak tinggi.

4. Bau Mulut

Daging sapi mengandung protein yang tinggi, sehingga saat dikonsumsi bisa melepaskan zat ketones yang mampu meningkatkan energi pada tubuh. Kondisi inilah yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap muncul.

5. Masalah Pencernaan

Kandungan lemak yang tinggi pada daging sapi nyatanya bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Sebab, kandungan lemak lebih sulit dicerna tubuh dibandingkan serat. Menghindari masalah kesehatan ini, Anda disarankan untuk tetap konsumsi makanan mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai solusi pencegahan gangguan pencernaan tersebut. 

6. Peradangan Tubuh

Sejumlah penelitian membuktikan lemak jenuh yang dikandung daging bisa menimbulkan peradangan di dalam tubuh. Terlebih ketika menyantap daging secara berlebihan, tentu bisa membuat peradangan semakin cepat, bahkan juga mempengaruhi fungsi organ-organ di dalam tubuh bisa rusak.

7. Obesitas

Daging sapi memiliki kandungan lemak yang tergolong tinggi. Ini bisa meningkatkan risiko obesitas jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jadi disarankan Anda harus tetap waspada saat mengonsumsi daging sapi. 

Obesitas ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus yang tentunya berbahaya untuk tubuh. Pastikan ketika Anda ingin makan daging sapi, konsumsilah dengan sewajarnya dan jangan berlebihan agar masalah kesehatan tidak terjadi, sehingga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. 

8. Risiko Batu Ginjal

Daging sapi mengandung protein yang bisa mempengaruhi kesehatan ginjal bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Senyawa purin dari daging tersebut mampu membentuk asam urat, sehingga risiko batu ginjal semakin meningkat.

Nah, itulah beberapa dampak buruk mengonsumsi daging sapi secara berlebihan. Sehingga, sebaiknya tetap waspada saat mencicipi berbagai olahan daging sapi agar Anda bisa terhindar dari penyakit dan kesehatan tubuh terjaga.

Baca Juga:

Berita terkait
Mengenal Cara Baru Atasi Batu Tanduk Rusa di Ginjal
Kini mengatasi batu tanduk rusa di ginjal bisa dengan teknik baru tanpa menggunakan x-ray guna meminimalisir paparan radiasi terhadap pasien.
Cara Praktis Membuat Daging Kambing Empuk
Setiap momen Idul Adha setiap orang pasti ingin mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat keluarga. Tetapi bagi sebagian orang akan
Resep Menu Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha
Hidangan yang terbuat dari daging sapi tentu identik dengan perayaan hari raya Idul Adha. Berikut resep olahan masakan berbahan daging sapi.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat 23 Oktober 2020
BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca potensi hujan yang akan turun di sebagian wilayah DKI Jakarta pada Jumat, 23 Oktober 2020.