UNTUK INDONESIA
Efek Buruk Makan Banyak Daging Kambing Saat Idul Adha
Daging kambing yang dikonsumsi secara berlebihan saat Idul Adha bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul. Berikut beberapa penyakit tersebut.
Ilustrasi Daging Kambing. (Foto: Pixabay/BlackWolfi)

Jakarta - Menyambut Idul Adha tentu tak sedikit umat Muslim selalu menyiapkan sajian lezat berbahan dasar daging kambing. Namun perlu diingat, nyatanya mengonsumsi daging kambing bisa meningkatkan risiko tubuh terkena masalah kesehatan yang membuat tidak nyaman nantinya.

Meski daging juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, saat dikonsumsi secara berlebihan mampu menyebabkan naiknya kadar kolesterol yang menjadi pemicu munculnya penyakit. Sehingga, sebaiknya tetap waspada ketika menyantap berbagai makanan olahan daging kambing agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang mengganggu.

Berikut Tagar ulas mengenai efek buruk mengonsumsi daging kambing secara berlebihan saat perayaan Idul Adha dari berbagai sumber.

1. Hipertensi

Bukan menjadi rahasia lagi, mengonsumsi daging kambing secara berlebihan menjadi pemicu terjadinya hipertensi. Meski daging kambing memiliki kandungan protein, tetapi jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah sistemik sehingga tekanan darah menjadi terus meninggi.

Selain itu, beberapa bahan yang digunakan saat mengolah daging kambing juga bisa menjadi penyebab terjadinya hipertensi. Salah satunya kecap, bahan ini mengandung natrium yang berperan terhadap peningkatan tekanan darah.

2. Risiko Batu Empedu

Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Ketika kondisi tersebut terjadi, risiko batu empedu tentu menghantui. Diketahui sekitar 80 persen kasus batu empedu disebabkan oleh endapan kolesterol yang tinggi.

3. Risiko Stroke

Risiko stroke bisa meningkat lantaran mengonsumsi daging kambing dalam jumlah banyak. Sebab, daging kambing bisa menyebabkan terjadinya penyakit aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan kondisi pembuluh darah menyempit akibat terjadinya penimbunan lemak. Masalah kesehatan inilah yang menjadi pemicu stroke.

4. Obesitas

Serupa dengan daging-daging lainnya, daging kambing juga mengandung lemak jenuh, lemak total, dan kolesterol. Meski jumlah masing-masing kandungan tersebut yang ada di dalam daging kambing tergolong lebih sedikit, nyatanya juga bisa meningkatkan risiko obesitas jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Jadi disarankan Anda harus tetap waspada saat mengonsumsi daging kambing. Sebab, obesitas bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus yang tentunya berbahaya untuk tubuh.

5. Fungsi Otak Menurun

Tingginya kadar kolesterol akibat mengonsumsi daging kambing bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak. Inilah yang menjadi pemicu fungsi otak menurun, seperti mudah lupa dan sulit mengambil keputusan.

Nah, itulah beberapa efek samping mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Sehingga, sebaiknya tetap waspada saat menyantap berbagai olahan daging kambing agar Anda bisa terhindar dari penyakit dan kesehatan tubuh terjaga.

Baca Juga:

Berita terkait
Gejala dan Bahaya TBC pada Anak yang Harus Diketahui
Tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menghantui banyak orang salah satunya anak-anak. Berikut gejala penyakit tersebut.
Resep Menu Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha
Hidangan yang terbuat dari daging sapi tentu identik dengan perayaan hari raya Idul Adha. Berikut resep olahan masakan berbahan daging sapi.
Resep Olahan Daging Kambing Hidangan Lezat Idul Adha
Masakan berbahan olahan daging kambing selalu diidentik dengan perayaan Idul Adha. Berikut resep olahan daging kambing hidangan lezat Idul Adha.
0
Efek Buruk Makan Banyak Daging Kambing Saat Idul Adha
Daging kambing yang dikonsumsi secara berlebihan saat Idul Adha bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul. Berikut beberapa penyakit tersebut.