UNTUK INDONESIA
Rekrutmen CPNS Aceh Singkil Ikut Aturan Pusat
Rekrutmen CPNS Kabupaten Aceh Singkil sesuai dengan Nawacita atau sembilan prioritas pembangunan lima tahun ke depan Presiden RI.
Kepala BKPSDM Kabupaten Aceh Singkil, Ali Hasmi saat ditemui diruangan kerjanya, Senin 18 November 2019. (Foto: Tagar/Khairuman)

Singkil - Kepala Dinas Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ali Hasmi mengatakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Aceh Singkil sesuai dengan Nawacita atau sembilan prioritas pembangunan lima tahun ke depan Presiden RI.

Hal itu disampaikan Hasmi, menanggapi pernyataan beberapa sarjana Aceh Singkil yang menilai rekruitmen CPNS tak penuhi Ekspektasi di Kabupaten Aceh Singkil.

"Dalam hal rekruitmen CPNS secara nasional sesuai dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo pemenuhan sesuai kebutuhan daerah," kata Ali Hasmi kepada Tagar, Senin 18 November 2019.

Ia menambahkan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan itulah yang menjadi kebutuhan dasar, dan itu ditentukan secara nasional oleh Kemenpan RB. Sementara kata Hasmi yang menjadi kebutuhan nasional tenaga tertentu ialah bagian Kementerian hukum dan Ham serta tenaga teknik.

Untuk pemerintah daerah sendiri sambungnya, sebelum pengajuan maka sudah ditentukan peta jabatan berdasarkan kebutuhan. 

Rekrutmen CPNS secara nasional sesuai dengan Nawacita dan  pemenuhan kebutuhan daerah.

"Berdasarkan itulah disusun permintaan formasi CPNS," tuturnya.

Hasmi memaparkan, saat ini penerimaan daerah dalam rasio, tenaga Staf dua pertiga dari jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga pemerintah tidak begitu membutuhkan tenaga administrasi.

Baca juga: Rekrutmen CPNS Singkil Dinilai Tak Penuhi Ekspektasi

Karena pemerintah daerah mempunyai banyak tenaga administrasi karena saat pengelolaan berkas lebih cenderung industri digital, sehingga tenaga administrasi surat menyurat tidak begitu dibutuhkan lagi.

"Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, surat menyurat sudah menggunakan tekhnik Digital Melayani (Dilan)," katanya.

Kemudian, kata Hasmi, dirinya berharap apa yang dikritik dan disampaikan para sarjana Aceh Singkil, tidak menutup ruang, kita selalu terbuka untuk umum. 

"Saya berharap datanglah ke kantor BKPSDM Aceh Singkil, untuk beraudensi, yang kemungkinan ada yang masih ingin disampaikan," tuturnya.[]

Berita terkait
Sensasi Nikah di Tengah Banjir Aceh
Bencana banjir tak menyurutkan niat sepasang kekasih di Kabupaten Aceh Barat, Aceh untuk melangsungkan resepsi pernikahan.
Akibat Bangkai Babi, PDAM Aceh Singkil Hidup Mati
Akibat bangkai babi, PDAM Tirta Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Aceh terpaksa dilakukan pemberhentian distribusi air bersih kerumah-rumah pelanggan
Dicurigai Selingkuh, Suami di Aceh Bacok Istrinya
Dituduh selingkuh seorang suami di Kabupaten Aceh Timur, Aceh tega membacok istrinya hingga lima kali.
0
DAU Dipotong 35 Persen, DPRD: Pemko Siantar Lalai
Anggota DPRD Kota Pematangsiantar kesal kinerja Wali Kota Hefriansyah tak optimal yang mengakibatkan DAU dipotong.