UNTUK INDONESIA
Rekomendasi Pola Makan untuk Penderita Darah Rendah
Pola makan menjadi sangat penting diperhatikan terutama bagi penderita darah rendah. Berikut ulasannya dari Tagar.
Ilustrasi tekanan darah rendah. (Foto: adamgym)

Jakarta - Pola makan menjadi sangat penting diperhatikan terutama bagi penderita darah rendah. Mulai dari pemilihan jenis bahan makanan hingga mengatur jadwal mengonsumsinya.

Penderita darah rendah atau hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg, angka yang berada di bawah normal. Nantinya akan menimbulkan gejala, seperti penglihatan kabur, mual dan muntah, pusing, dan lemah.

Hipotensi bisa disebabkan kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Orang bertubuh kurus berpotensi lebih mudah mengidap tekanan darah rendah.

Berikut Tagar rangkumkan pola makan untuk penderita darah rendah.

1. Asupan Cairan

Kekurangan cairan dalam tubuh atau biasa disebut dehidrasi menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Dianjurkan untuk minum sebanyak dua hingga tiga liter air sehari.

Minuman yang disarankan yaitu air biasa atau air putih, karena bisa membantu semua organ tubuh berfungsi dengan baik.

Teh herbal dan jus buah juga bisa menjadi pilihan, alangkah baiknya tanpa gula, guna menghindari obesitas serta masalah kesehatan lainnya.

2. Makanan Mengandung Vitamin B-12

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B-12 menjadi salah satu cara efektif untuk terhindar dari hipotensi.

Terlalu sedikit vitamin B-12 dapat memicu terjadinya anemia yang mampu menyebabkan tekanan darah rendah.

Terdapat beberapa pilihan bahan makanan yang mengandung vitamin B-12 untuk dikonsumsi. Seperti, sereal, telur, serta daging sapi.

3. Makanan Tinggi Float

Terlalu sedikit float bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan float tinggi, seperti kacang-kacangan, hati, dan asparagus.

4. Kafein

Mengonsumsi kopi, cokelat, dan teh menjadi cara ampuh untuk terhindar dari tekanan darah rendah. Kandungan kafein mampu meningkatkan tekanan darah dan detak jantung untuk sementara waktu.

5. Makanan Asin

Makanan asin mampu meningkatkan tekanan darah bagi para penikmatnya. Kadar garam terkandung di makanan kalengan, ikan asin, serta hidangan lainnya mampu membantu terhindar dari hipotensi.

Untuk informasi, jumlah asupan garam yang dianjurkan untuk penderita darah rendah yaitu 4,5 hingga 5 gram perhari.

6. Waktu Makan

Penderita hipotensi disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil beberapa kali dalam sehari, agar aliran darah tidak terkonsentrasi di daerah perut ketika mencerna dalam jumlah besar.

Makan enam kali sehari dalam porsi kecil juga bermanfaat untuk membuat kadar glukosa darah stabil. Sehingga kemungkinan menderita hipotensi menjadi berkurang. []

Berita terkait
Hindari Makanan Berbahaya Dimakan Sebelum Berenang
Ada beberapa makanan yang berbahaya jika dimakan sebelum berenang. Apa saja? Berikut Tagar rangkumkan.
Rekomendasi Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Berenang
Berenang salah satu olah raga yang mampu membantu menambah massa otot, tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan sebelumnya.
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif
epresi dapat diatasi dengan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut Tagar bagikan ulasannya.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.