UNTUK INDONESIA
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif
epresi dapat diatasi dengan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut Tagar bagikan ulasannya.
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif. (Foto: health.harvard.edu)

Jakarta - Depresi dapat diatasi dengan penanganan yang tepat dan cepat. Bila berada di kondisi ini akan mengganggu kesehatan mental yang memengaruhi cara berpikir, tingkah laku, dan emosi.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara efektif untuk mengatasi depresi.

1. Atur Jadwal Harian

Membuat jadwal harian menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi depresi. Hidup secara terjadwal membuat penderita sibuk dengan berbagai kegiatan yang sudah di buat.

Apalagi jika menerapkan jadwal harian secara rutin dan dilakukan terus-menerus setiap hari, tidak membiarkan diri berlarut-larut dalam kesedihan.

2. Olahraga Teratur

Selain membuat kondisi tubuh menjadi sehat, olahraga juga berperan sebagai obat mengatasi depresi. Hormon endorfin serta dopamin yang melonjak naik saat berolahraga.

Kedua hormon tersebut membantu meredakan sakit sekaligus membuat mood lebih baik lagi. Jika berolahraga secara rutin, dua kali lipat manfaat akan didapatkan, menghilangkan depresi dan dapat membuat bahagia.

3. Istirahat yang Cukup

Depresi membuat penderitanya kesulitan untuk tidur, tanpa sadar keadaan semakin buruk. Dianjurkan untuk berusaha tidur lebih awal serta memastikan jam tidur harian selalu optimal.

Terdapat beberapa cara membantu tidur lebih nyenyak, seperti meditasi, atau berendam air hangat sebelum tidur. Salah satu cara ini diyakini mampu mengatasi depresi seseorang.

4. Mengatur pola makan

Memperhatikan pola makan salah satu cara untuk mengatasi depresi. Makanan seperti sayuran hijau, jamur, apel, alpukat, dan tomat bisa menjadi pilihan.

Selain meredakan depresi, makanan seperti sayuran bisa membuat kondisi tubuh semakin sehat. Dianjurkan untuk menghindari alkohol, kafein, serta makanan olahan saat depresi, karena membuat kondisi semakin buruk.

5. Psikoterapi

Psikoterapi dianggap sebagai salah satu cara efektif mengatasi depresi. Penderita dapat mengenali dan mengubah pola pikir. Mencari penyebab tingkah laku yang terjadi karena suatu hal.

Dengan mengubah pola pikir, gaya hidup, perilaku, dan memulai aktivitas fisik yang menyehatkan dapat mengurangi gangguan akibat depresi.

Bantuan obat-obatan yang diberikan psikiater sesuai kebutuhan juga bisa menjadi senjata melawan depresi. []

Berita terkait
Depresi, Perempuan di Kediri Coba Bunuh Diri
Seorang perempuan bernama Siti mencoba bunuh diri dengan melompat ke Sungai Brantas, Kediri akibat depresi yang dialami selama 5 tahun.
Ini 22 Gejala Orang Tidak Bahagia dan Depresi
Ada 22 gejala yang bisa menandakan orang sedang tidak bahagia dan depresi. Apa itu?
Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Depresi
Makanan sangat berpengaruh saat mengalami depresi, ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengembalikan suasana hati, apa saja?
0
Tiga Kecamatan di Cianjur Akan Menerapkan PSBB
Pemkab Cianjur akan lakukan PSBB parsial agar fokus penangan di wilayah yang rawan penyebaran Covid-19 sehingga tidak menyebar ke kecamatan lain