UNTUK INDONESIA
Ratusan Desa di Serang Siap Perangi Corona
Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah mengintruksikan seluruh pemerintah desa bergerak memerangi virus Corona atau Covid-19.
Penyemprotan disinfektan, Senin, 6 April 2020. (Foto: Tagar/Moh Jumri)

Serang - Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah mengintruksikan seluruh pemerintah desa bergerak memerangi virus Corona atau Covid-19. Sejumlah desa mulai menjalankan program pencegahan, mulai dari sosialisasi, penyemprotan disinfektan, hingga menyediakan rumah isolasi mandiri.

Jika kita bersatu melakukan berbagai upaya, saya yakin Covid-19 bisa kita perangi.

"Alhamdulillah pemerintah desa bergerak. Di Desa Ciomas, Kecamatan Padarincang misalnya, langsung disediakan rumah khusus untuk isolasi mandiri," ujar Tatu.

Menurut Tatu, upaya pencegahan virus Corona tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga harus dilakukan dengan baik oleh masyarakat. 

"Jika kita bersatu melakukan berbagai upaya, saya yakin Covid-19 bisa kita perangi," ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto mengatakan sejumlah desa sudah menjalankan program pencegahan mewabahnya virus Corona atau Covid-19. 

"Kami targetkan, ada 326 desa bisa menjalankan instruksi Ibu Bupati dengan baik," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto kepada Tagar, Senin, 6 April 2020.

Menurut Rudi, Bupati Serang telah mengimbau agar dibentuk relawan di tingkat desa hingga ke tingkat RT/RW. Termasuk, kata dia, mengimbau warga di daerah zona merah penularan Covid-19 untuk tidak mudik. 

"Bagi yang memaksakan mudik ke kampung, harus dilakukan isolasi mandiri minimal 14 hari,” ujarnya.

Rumah Isolasi MandiriRumah isolasi mandiri yang disediakan warga, Senin, 6 April 2020. (Foto: Tagar/Moh Jumri)

Dalam menjalankan program, kata Rudi, personel Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dilibatkan dengan sinergi pemerintah daerah dan TNI-Polri. Sementara itu, tingkat desa melibatkan aparatur desa, pegawai puskesmas, babinsa, dan bhabinkamtibnas.

Danramil 0219/Cikande Kapten Inf Sudarsono mengatakan kepada seluruh warga tetap tenang dan tidak panik. Karena pemerintah sudah berupaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona. 

"Mari kita semua selalu berdoa kepada Allah SWT, agar masalah bangsa ini cepat selesai, " ucap Kapten Inf Sudarsono.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Ketos, Kecamatan Kibin Kabupaten Serang, Rokhyati mengajak warga melakukan isolasi mandiri dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan menjaga jarak aman saat berinteraksi. Selain itu, dilakukan juga penyemprotan disinfektan.

"Kegiatan penyemprotan disinfektan adalah untuk mencegah penyebaran virus, dan ini juga merupakan program langsung dari Pemerintah Kabupaten Serang agar melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut di desa masing-masing," ucap Rokhyati. []

Berita terkait
DPRD Banten Awasi Dana Penanganan Covid-19
DPRD Provinsi Banten akan mengawal penyaluran dana untuk penanganan virus Corona atau Covid-19.
Darurat Corona, Banten Hapus Denda Pajak Kendaraan
Pemprov Banten memberlakukan penghapusan sanksi administratif atau denda pajak kendaraan.
Banten Masih Menunggu Jakarta untuk Lockdown
Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan mendapatkan banyak pertanyaan terkait lockdown Jakarta, meskipun masih simulasi.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.