Punya Gangguan Saat Tidur? Coba Tips yang Satu Ini

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian. Mungkin ini bisa menjadi trik agar tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi gangguan tidur. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Pernahkah Anda mendapati kaki yang keluar selimut dengan sendirinya saat tidur? Jika iya, mungkin ini bisa menjadi trik agar tidur lebih nyenyak.

"Jika Anda cenderung menarik satu kaki dari bawah selimut, maka Anda mungkin tidak sendirian. Kita semua memiliki cara tidur kita sendiri. Jadi, mayoritas orang menarik satu kaki ke luar selimut untuk tidur nyenyak di malam hari. Ini sangat umum, dan banyak orang melakukannya," ujar Dr Pritam Moon, dokter konsultan di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai seperti yang dikutip dari India Express.

Hanya mengeluarkan satu kaki di luar selimut Anda adalah trik yang terbukti bisa membuat tidur lebih nyenyak. Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh penelitian.

Melansir dari India Express, Institut Ilmu Tidur Amerika Serikat mengatakan bahwa menempatkan salah satu kaki Anda di luar selimut Anda adalah trik yang baik untuk tidur. Kebiasaan ini ada hubungannya dengan suhu tubuh, Ketika tubuh Anda panas, Anda lebih waspada dan kemungkinan terbangun. Ketika tubuh Anda menurun, Anda cenderung mengantuk.

"Alasan di balik orang-orang yang menarik satu kaki dari selimut adalah bahwa kaki dapat membantu Anda menurunkan suhu tubuh. Ya, itu benar dan Anda akan bisa tidur nyenyak. Karena kaki dapat menurunkan suhu tubuh, ia memiliki hubungan antara pembuluh darah dan arteri yang berkembang ketika kaki Anda terpapar kehangatan. Jadi, kaki Anda akan dapat menenangkan lebih cepat jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya," Ujar Dr Moon.

"Kakimu (telapak kaki) tidak banyak berambut, dan tidak adanya rambut membuat panas menguap lebih cepat. Tahukah Anda ketika kaki terkena suasana yang sejuk, itu membantu dalam mendinginkan bagian tubuh lainnya juga dengan cepat. Dan ketika suhu tubuh diatur, Anda dapat tidur nyenyak," pungkasnya. []

(Raffly Azmi)


Baca Juga









Berita terkait
Kenali 11 Jenis Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya
Gangguan tidur muncul ketika fase NREM dan REM terganggu karena masalah mental, sosial, lingkungan, atau emosional.
Mengapa Banyak Pasutri di Jepang yang Tidur Terpisah?
Ini tidak menandakan ada suatu masalah dalam hubungannya, tapi merupakan sesuatu yang dipercaya berdampak baik pada mereka.
Selalu Pusing Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya
Saat kamu bangun dari tidur, otak akan menjadi lebih responsif terhadap perubahan posisi tubuh, sentuhan, dan suara.
0
4 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan Tubuh
Sayuran ini banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K.