5 Tanda Kanker Prostat yang Tidak Boleh Diabaikan Pria

Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.
Ilustrasi - Pria saat nyeri di area intim. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Prostat pria adalah penghasil cairan semen yang memberi nutrisi dan mengantarkan sperma.

Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.

Jangan disepelekan berikut 5 tanda terjadinya kanker prostat.


1. Kesulitan buang air kecil

Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil atau aliran Anda lambat atau lemah, hubungi dokter Anda ini bisa menjadi salah satu tanda paling umum dari kanker prostat.

“Bahkan jika ini terjadi sekali atau dua kali dan tidak berlanjut, Anda tidak boleh mengabaikannya karena itu tidak normal. Segera periksakan,” kata Ash Tewari, MD, ketua departemen urologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York.

Dorongan untuk pergi lebih sering, terutama di malam hari, atau kehilangan kontrol kandung kemih bisa menjadi tanda lain bahwa ada sesuatu yang tidak beres.


2. Anda menjadi impoten

Jika Anda tiba-tiba mengalami kesulitan ereksi, ejakulasi terasa menyakitkan, atau ada darah di air mani Anda, hubungi dokter Anda.

“Masalah dengan fungsi ereksi mungkin menandakan kanker prostat stadium akhir,” kata Dr. Tewari.dilansir dari The Healthy.


3. Ada darah di urine Anda

"Jika Anda melihat darah dalam urine Anda, atau jika terasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil, tanyakan kepada dokter Anda tentang tes kanker prostat," kata Dr. Tewari.

Karena kedekatan kelenjar prostat dengan uretra dan kandung kemih, tumor yang menekannya dapat menyebabkan gejala kencing.

Ini adalah petunjuk kesehatan lain yang mungkin diberikan oleh urin Anda.


4. Tubuh terasa sakit

“Nyeri pada tulang, seperti tulang rusuk, pinggul, atau tulang belakang — sebenarnya bisa menjadi salah satu tanda kanker prostat,” kata Dr. Tewari.

Rasa sakit atau kaku yang sering di punggung bawah, pinggul, atau paha atas juga merupakan gejala, menurut Yayasan Kanker Prostat, dan mungkin merupakan tanda bahwa kanker telah menyebar.


5. Kehilangan selera makan

Jika steak dan kentang itu tiba-tiba tidak begitu menggugah selera, perhatikan.

“Hilangnya nafsu makan atau keinginan untuk makan sesuatu yang biasanya bisa menjadi tanda peringatan kanker prostat,” kata Dr. Tewari.

Meski gejala ini tampak kecil, Dr. Tewari mengatakan untuk tidak mengabaikannya. “Karena kanker prostat biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda kanker prostat yang jelas, agar kami menemukan kanker yang dapat disembuhkan, pria harus proaktif,” katanya. []

Baca Juga:







Berita terkait
7 Tips Sehat Untuk Cegah Kanker Prostat
Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.
Kanker Prostat, Darmizal Berharap Masyarakat Mendoakan SBY
Darmizal MS berharap agar seluruh masyarakat mendoakan kesehatan SBY yang saat ini akan menjalani pengobatan kanker prostat di Mayo Clinic AS.
Didiagnosis Kanker Prostat, Ternyata SBY Juga Punya Riwayat Penyakit Lain
Rencananya SBY akan melakukan medical check-up dan perawatan di luar negeri.
0
5 Tanda Kanker Prostat yang Tidak Boleh Diabaikan Pria
Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 65 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.